Kartu Prakerja Jokowi Untuk Para Pencari Kerja dan Korban PHK

Minggu, 24 Februari 2019 22:36 Reporter : Ahda Bayhaqi
Kartu Prakerja Jokowi Untuk Para Pencari Kerja dan Korban PHK Pidato Jokowi di Konvensi Rakyat. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo memiliki program untuk pengangguran. Program itu dikeluarkan lewat kartu 'sakti' khas Jokowi bernama Kartu Pra Kerja.

"Saya tingkatkan keterampilan untuk pencari kerja dan Korban PHK. Untuk itu saya luncurkan kartu pra kerja," ujar Jokowi dalam pidatonya di konvensi rakyat di Sentul Internasional Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2)

Program Kartu Pra Kerja bakal fokus melatih keterampilan individu dan mempersiapkan untuk menghadapi dunia kerja. Tujuannya untuk menciptakan sumber daya manusia premium yang mampu bersaing dalam dan luar negeri.

Jokowi menargetkan 500 ribu orang ikut program ini pada tahun 2019. Tahun berikutnya ditargetkan menjadi 2 juta orang peserta.

"Akan kita luncurkan untuk program vokasi, re-skilling dan up skilling bagi pekerja, yang berganti pekerjaan," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu, Jokowi bakal memperkuat program balai latihan kerja. Dia target 3000 balai latihan kerja tercipta pada 2020.

Jokowi juga berjanji memperkuat kualitas perguruan tinggi. Ada Rp 66,1 triliun disiapkan untuk dana abadi pendidikan, serta penelitian dan pengembangan. Target dalam 5 tahun ke depan bakal ditingkatkan mencapai Rp 100 triliun. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini