Mendag Soal Indonesia Masih Terjerat Impor: Kan Tidak Haram, Karena Penuhi Kebutuhan

Senin, 11 Maret 2019 18:29 Reporter : Merdeka
Mendag Soal Indonesia Masih Terjerat Impor: Kan Tidak Haram, Karena Penuhi Kebutuhan Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita soal ekspor impor. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, menanggapi banyaknya kritikan terhadap pemerintah karena masih mendewakan impor. Menteri Enggar mengatakan wajar jika Indonesia masih impor selama komoditas yang diimpor adalah bahan baku dan barang modal.

"Impor kan tidak haram, apalagi kalau impornya masih bahan baku dan barang modal. Selama stok mencukupi, kita tidak akan impor. Kita impor karena untuk memenuhi kebutuhan," ungkap Enggar di Gedung Kementerian Perdagangan di Jakarta, Senin (11/3).

Menteri Enggar menyatakan pemerintah juga sedang berusaha untuk membuat kebijakan yang membantu mendorong ekspor. Ekspor nantinya tidak akan fokus di sektor manufaktur saja tapi juga di sektor jasa, seperti pariwisata.

Selain itu, untuk menekan impor, perlu juga dicanangkan sosialisasi cinta produk Indonesia. Menteri Enggar mendapat laporan bahwa ada toko di Indonesia yang menjual barang asing 100 persen. Hal ini sangat disayangkan. "Ada toko yang jual produk asing 100 persen, kenapa tidak dicombine dengan produk lokal, nah ini yang akan ditekan supaya ekspor kita meningkat juga," pungkasnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini