Mendag Enggar: Industri tekstil andalan devisa nomor 3 terbesar Indonesia

Jumat, 14 September 2018 20:44 Reporter : Siti Nur Azzura
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. ©2018 Merdeka.com/Azzura Zurae

Merdeka.com - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengadakan diskusi dengan Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API). Dalam diskusi tersebut, dia mengajak agar pelaku industri tekstil dan produk tekstil (TPT) untuk meningkatkan produksinya, sehingga bisa mendominasi pasar dalam negeri.

Dia menjelaskan, TPT dianggap sebagai industri sunset karena pernah mengalami masa jayanya, namun kemudian turun drastis. Hal ini dikarenakan industri ini kurang mampu menguasai pasar dan sangat bergantung dengan impor bahan baku.

"TPT bukanlah industri sunset. Industri ini merupakan andalan devisa nomor 3 terbesar setelah pariwisata dan kelapa sawit. Industri ini terus tumbuh dan berkembang seiring perkembangan fashion dan era digitalisasi," kata Mendag Enggar di Bandung, Jumat (14/9).

Dia berharap, TPT bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mendorong peningkatan ekspor ke pasar global, seperti Amerika Serikat dan Eropa. Dengan demikian, pihaknya terus mempercepat penyelesaian perundingan perdagangan luar negeri.

Menteri Enggar menjelaskan, pihaknya telah menyelesaikan perundingan Indonesia-Chile CEPA, MoU Indonesia-Palestina, ASEAN-Hongkong FTA and Investment Agreement, Protocol to amend ASEAN Comprehensive Investment Agreement (ACIA), ASEAN-Japan Investment, Service, and MTA Agreements, dan Protocol to Amend Indonesia-Palestina (PTA).

Sementara beberapa perundingan yang masih dalam proses adalah Indonesia-Australia CEPA, Indonesia-European CEPA, Indonesia-EFTA CEPA, Indonesia-Iran PTA, Indonesia-Turkey CEPA, Indonesia-Mozambique PTA, Indonesia-Tunisia PTA, dan Regional Comprehensive Economic Partnership.

Selain menyelesaikan perjanjian, Kemendag juga akan mempertemukan API dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk bekerja sama dalam meningkatkan TPT. "Saya senang sekali dengan pertumbuhan dan perkembangan yang ada dan asosiasi yang sekarang dipimpin oleh Pak Ade (Ketua API Ade Sudrajat) itu benar-benar saya akan jadikan kami akan jadikan sebagai mitra pemerintah," tandasnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini