Mau menabung? Kenali dahulu jenis dan keuntungan deposito

Minggu, 23 Oktober 2016 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Mau menabung? Kenali dahulu jenis dan keuntungan deposito Ilustrasi menabung. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/studioVin

Merdeka.com - Deposito merupakan salah satu produk penyimpanan uang di bank dengan sistem penyetoran dan juga penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu.

Berbeda dengan tabungan yang biasanya bisa Anda akses kapan pun, deposito akan mengenakan sejumlah potongan atau penalti pada tabungan Anda apabila Anda memaksa untuk mengambilnya sebelum jatuh waktunya. Waktu pengambilannya pun bervariasi, bisa Anda pilih dari 1, 3, 6, 12, atau bisa juga 24 bulan.

Kelebihan utama memiliki deposito adalah tingkat suku bunga bank yang diberikan lebih besar daripada produk tabungan biasa. Sebagai gantinya, Anda tidak diperbolehkan mengambil uang tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Jangka waktu pengambilan deposito juga dapat diperpanjang secara otomatis dengan menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Dengan sistem tersebut, ketika deposito Anda sudah jatuh tempo akan diperpanjang dengan sendirinya sampai si pemilik mencairkannya.

Dengan kata lain, uang Anda akan berakumulasi dengan sendirinya, oleh karena itu deposito merupakan pilihan favorit bagi orang-orang yang sedang mencari bahan investasi terutama bagi para investor pemula.

Berikut cara mudah bagi Anda mengenal lebih jauh mengenai deposito, mulai dari jenis hingga keuntungan menabung melalui deposito seperti ditulis Cermati.

Baca Selanjutnya: Jenis-jenis deposito...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini