Konsumsi gas berkurang bikin laba PGN menurun

Kamis, 26 April 2018 21:22 Reporter : Dwi Aditya Putra
Konsumsi gas berkurang bikin laba PGN menurun

Merdeka.com - Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN), Jobi Triananda Hasjim mengakui pendapatan laba bersih serta pembagian dividen pada 2017 mengalami penurunan bila dibanding 2016. Penururan tersebut, disebabkan karena adanya pengurangan terhadap penggunaan gas pada 2017 lalu.

"Ada beberapa faktor karena pengurangan-pengurangan penggunaan gas pada pelanggan besar kita, terus juga ada kaitannya dengan akutansi impirement. Karena pendapatan bersih kita turun kan jadi pembagiannya ikut turun," kata dia di Jakarta, Kamis (25/4).

Dia pun menyebutkan, pemain-pemain besar yang selama ini telah menggunakan PGN adalah disektor-sektor power seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Krakatau Daya Listrik (KDL)

"Yang KDL mereka maintenance. PLN lumayan besar lumayan aku tidak apal angkanya," imbuhnya.

Sebagai informasi, PGN mencatatkan laba bersih pada tahun 2017 sebesar USD 143 juta atau setara Rp 1,9 triliun. Dengan pencapain tersebut perusahaan berplat merah juga membagikan dividen yang akan dibayarkan kepada pemegang saham berjumlah Rp 766,27 miliar atau Rp 31,61 per lembar saham.

Jumlah tersebut lebih kecil bila dibandingkan pada tahun 2016. Pembagian dividen tahun buku 2016 sebesar Rp 1,82 triliun. Nilai dividen perusahaan pelat merah itu setara Rp 75,18 per saham atau 45 persen dari laba bersih sebesar USD 304 juta atau Rp 4,04 triliun. [azz]

Topik berita Terkait:
  1. PGN
  2. BUMN
  3. Migas
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini