Kementerian Perhubungan Akan Bangun Kereta Bandara di 4 Kota

Sabtu, 5 Oktober 2019 17:10 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Kementerian Perhubungan Akan Bangun Kereta Bandara di 4 Kota Kereta Bandara. ©2018 Merdeka.com/Nuryandi

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pemerintah berencana membangun stasiun KA Bandara di kota lain di Luar Jakarta. Salah satunya di Surabaya.

"Kereta Bandara yang mungkin harus kita pikirkan itu Surabaya. Karena satu kota yang penduduknya banyak dan Bandara nya juga besar," kata dia, di Stasiun KA Bandara Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10).

Selain Surabaya, lanjut Budi, stasiun KA Bandara juga akan dibangun di pulau Dewata. "Kedua Bali. Bali bahkan akan kita koneksikan dengan suatu sistem kereta api yang terkoneksi sampai Bali Utara. Jadi dua kota itu yang akan kita konsentrasikan," ujar dia.

Pemerintah juga akan membangun Stasiun KA Bandara di kota Makassar, Sulawesi Selatan dan di Bandung. "Ketiga mungkin Makassar. Yang keempat adalah Kertajati. Karena kita akan melakukan reaktivasi dari kota Bandung sampai ke Kertajati," imbuhnya.

Dia mengatakan dalam rencana, kemungkinan pembangunan KA Bandara akan difokuskan dulu di Surabaya dan Bali. Konstruksi diharapkan sudah dapat dimulai pada 2021.

"Mungkin yang cepat itu Surabaya sama Bali. Mungkin kita harapkan 2021 kita sudah mulai konstruksi," tandasnya. [did]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini