Kemenhub Usul Tambah 10 Rest Area dari Jakarta Hingga Semarang

Selasa, 24 Mei 2022 17:24 Reporter : Sulaeman
Kemenhub Usul Tambah 10 Rest Area dari Jakarta Hingga Semarang Kepadatan pemudik di rest area tol cikampek. ©2018 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan mengusulkan penambahan 10 titik rest area baru di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Semarang. Hal ini untuk mengurai kemacetan saat perayaan Arus Mudik Lebaran Idulfitri di masa mendatang.

"Tentang titik rest area kami usulkan 10 titik dari Jakarta sampai Semarang dulu. Karena kalau di sana luar Semarang tidak ada masalah," kata ujar Menhub Budi dalam Konferensi Pers Evaluasi Mudik Lebaran 2022, Selasa (24/5).

Budi menyampaikan, spesifikasi kesepuluh rest area baru tersebut nantinya harus lebih baik dari rest area yang ada saat ini. Khususnya terkait jalur masuk dan keluar kendaraan yang lebih lapang.

"Katakanlah sekarang tidak dengan jalur baik, kita harus perbaiki," ucapnya.

Nantinya, luasan lahan rest area baru tersebut berkisar 10 hektare untuk 1 unit. Meski begitu, rest area tersebut dipastikan tidak akan memberikan keuntungan imbal hasil investasi dalam waktu dekat. Sehingga, Kemenhub memberikan peluang bagi pihak swasta yang tertarik untuk berinvestasi.

"Kalau developer tidak mau kita bisa berikan ke swasta. Itu sangat menolong karena saudara kita untuk istirahat," ujarnya.

Selain menambah rest area baru, Kemenhub juga mengusulkan untuk memundurkan titik lokasi contra flow di ruas tol Jakarta-Cikampek, yakni dimulai dari kilometer 70. "Tentunya dengan catatan adanya penyesuaian sarana infrastruktur di lokasi tersebut," tutupnya. [azz]

Baca juga:
Update Arus Balik Mudik, Rest Area Ditutup Sementara Jika Dipadati Kendaraan Pemudik
Arus Balik, Jasa Marga Akan Buka Tutup Rest Area saat Penerapan One Way
H-1 Lebaran, 1,6 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek
Kantor Pemkab Purwakarta Disulap Jadi Rest Area Selama Arus Mudik
Tol Cipali Macet, Erick Thohir Minta Pemudik Tak Istirahat di Sembarang Tempat
Polri Prediksi Puncak Arus Mudik pada Jumat dan Sabtu, Rest Area akan Buka-Tutup

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini