KEIN Dukung Pulau Komodo Jadi Destinasi Wisata Eksklusif

Sabtu, 5 Oktober 2019 13:05 Reporter : Merdeka
KEIN Dukung Pulau Komodo Jadi Destinasi Wisata Eksklusif Pantai Pulau Komodo. © Wallpaperstock.net

Merdeka.com - Usulan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman agar Pulau Komodo dijadikan destinasi eksklusif dengan tarif khusus didukung penuh oleh Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional sekaligus Ketua Pokja Industri Pariwisata KEIN, Dony Oskaria. Menurutnya, usulan tersebut sesuai kodrat destinasi Pulau Komodo.

"Saya mendukung penuh Pulau Komodo dijadikan destinasi Eksklusif karena DNA wisata warisan dunia tersebut berkategori special interest tourism atau wisata minat khusus," ujarnya di Jakarta, Sabtu (5/10).

"Oleh karena itu, destinasi semacam itu harus dikemas secara khusus pula agar tetap bisa mempertahankan prinsip sustainability di satu sisi dan keasliannya di sisi lain," sambungnya.

Dony menambahkan, wisata minat khusus memang harus dibanderol dengan tarif premium untuk menunjukkan kepada khalayak bahwa Pulau Komodo adalah istimewa dan memang benar-benar unik. Secara prinsip, special interest tourism bersifat high cost low impact.

Karena sifatnya khusus, harganya atau cost of productnya juga khusus dan impact sosial ekonominya kepada masyarakat sekitar kecil. Apalagi Pulau Komodo berupa sebuah pulau yang tak banyak dikelilingi oleh pemukiman penduduk.

Oleh karena itu, kata Dony, kekhususan dan keunikan Pulau Komodo akan berakibat pada biaya pengembangan dan perawatannya nanti menjadi tinggi, sesuai dengan nilai Pulau Komodo yang juga bernilai sangat tinggi.

"Harga yang mahal nantinya akan diikuti dengan konsep pengembangan yang eksklusif, yang ditujukan untuk memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, harga yang khusus akan mengundang rasa penasaran segmen pasar berkocek tebal di seluruh dunia untuk datang ke Pulau Komodo," tandasnya.

Sumber: Liputan6

Reporter: Ilyas Nur Praditya [did]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini