Jumlah Pelamar CPNS 2019 Diharapkan Lebih Besar dari 2018

Selasa, 19 November 2019 18:30 Reporter : Merdeka
Jumlah Pelamar CPNS 2019 Diharapkan Lebih Besar dari 2018 CPNS. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berharap agar jumlah total pelamar pada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 bisa lebih besar dari tahun sebelumnya.

Tercatat, jumlah pelamar akhir pada sistem seleksi CPNS 2018 lalu di portal SSCN mencapai sekitar 4,43 juta orang. Sementara jumlah akun yang menyelesaikan proses pendaftaran adalah 3.267.981 orang,

"Kalau tahun lalu (jumlah total pendaftaran sampai masa akhir) sampai sekitar 4,4 juta. Kita harapkan kurang lebih juga segitu lah yang melamarnya. Kita masih harapkan masih akan lebih banyak pelamar untuk pendaftaran CPNS," ungkap Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian di Jakarta, Selasa (19/11).

Andi pun memperkirakan, animo pelamar untuk menyelesaikan proses pendaftaran biasanya terjadi pada masa-masa penutupan. Untuk tahun ini, waktu pendaftaran CPNS 2019 akan ditutup pada 24 November.

"Biasanya (lonjakan pendaftar) saat-saat terakhir, masa pendaftaran terakhir yang 24 November itu. Biasanya pendaftar itu kan sekarang masih tahap mempertimbangkan, milih-milih. Jadi sekarang masih dalam tahap window shopping, nunggu mana yang paling pas," tuturnya.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memproyeksikan, proses seleksi CPNS kali ini akan diikuti oleh sekitar 5,5 juta pelamar. "Kami memprediksi, peserta seleksi ASN (Aparatur Sipil Negara) akan mencapai 5,5 juta," ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana beberapa waktu lalu.

1 dari 1 halaman

Pelamar Diimbau Segera Submit Pendaftaran

Plt Kabiro Humas BKN Paryono menyarankan kepada seluruh pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk segera menyelesaikan proses pendaftaran dengan men-submit formasi pilihan di portal sscn.bkn.go.id. Dikhawatirkan, situs tersebut jadi terganggu akibat adanya penumpukan pelamar pada masa akhir pendaftaran di 24 November.

"BKN sudah mengimbau jika sudah mantap dengan pilihan segera submit. Jangan menunggu di akhir-akhir waktu, khawatirnya terjadi penumpukan pendaftar dan lambat dalam mengakses sscn.bkn.go.id," seru Paryono.

Berdasarkan data yang dihimpun BKN pada Selasa sore pukul 15.43 WIB, jumlah pelamar CPNS 2019 pada portal sscn.bkn.go.id sudah menyentuh angka lebih dari 3.4 juta orang. Sebanyak 3.432.741 orang sudah membuat akun. Sementara 1.452.607 diantaranya telah mengisi formulir, dan 688.589 sudah submit formasi pilihannya.

Terkait proses verifikasi, sebanyak 169.685 pelamar yang telah submit sudah terverifikasi Memenuhi Syarat (MS), sedangkan 64.639 orang terverifikasi Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan 454.265 pelamar belum diverifikasi.

Menurutnya, jumlah pelamar yang telah submit formasi pilihannya tersebut memang masih belum terlalu banyak, lantaran ada 7 instansi yang belum serahkan formasi final CPNS 2019. "Mungkin (pelamar) belum yakin dengan pilihannya atau masih menunggu instansi yang buka pendaftaran (masih ada 7 instansi yang belum)," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Jokowi Panggil MenPAN-RB Minta Proses Penerimaan CPNS Diperbaiki
Per 18 November, KemenkumHAM Paling Banyak Diincar Pendaftar CPNS 2019
Tingkat Kesulitan Soal Tes CPNS di Papua dan Jawa akan Berbeda
DPR Minta Kemenpan-RB Prioritaskan Guru Agama dalam CPNS buat Perbaiki Moral Bangsa
Baru 10,6 Persen Pelamar CPNS Tuntaskan Pendaftaran di Portal SSCN

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini