Jokowi: Waspadai kemajuan teknologi yang semakin memanjakan konsumen

Rabu, 9 Agustus 2017 19:23 Reporter : Arie Sunaryo
Jokowi: Waspadai kemajuan teknologi yang semakin memanjakan konsumen e-commerce. © mytotalretail.com

Merdeka.com - Dalam rangkaian kunjungan kerja di Kota Solo, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) membuka Kongres Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu Ilmu Sosial (HIPIIS) di Hotel Best Western Premier, Solo Baru, Sukoharjo, Rabu (9/8). Saat memberikan sambutannya, presiden mengajak masyarakat agar mewaspadai perkembangan sistem ekonomi online yang berkembang pesat.

"Dimana-mana bisa kita lihat, perkembangan perilaku konsumtif yang dilakukan semua orang beralih kepada sistem online. Mau beli apa saja mudah, tinggal pesan via online. Sebentar saja sudah sampai ke rumah kita, tanpa harus menunggu lama," ujar Jokowi.

Akibat berkembangnya sistem pembelian online tersebut, kata Jokowi, saat ini banyak swalayan dan retail lainnya yang lesu. Pasalnya saat ini banyak konsumen yang beralih ke sistem online. Selain mudah dan cepat, konsumen tak perlu meninggalkan aktifitasnya.

"Kemajuan teknologi ini semakin memanjakan konsumen, ini yang harus diwaspadai," tandasnya.

Jokowi menegaskan, dirinya tak menolak adanya perkembangan teknologi tersebut. Namun masyarakat dan pemerintah harus merespon agar bisa dimanfaatkan seluas-luasnya. Jangan sampai teknologi informasi yang berbasis online ini tidak diimbangi oleh kebijakan pemerintah yang tepat, sehingga Indonesia akan semakin ketinggalan.

"Dalam kongres ini, saya harapkan akan muncul terobosan baru dari para ahli ekonom dan ahli sosial untuk bisa melihat isu ini. Jangan remehkan teknologi di dalam gadget kecil ini, kalau kita lengah kita akan tertinggal jauh sekali," pungkas Presiden Jokowi. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini