Investor asal Korea tertarik bangun PLTU di Bangka Belitung

Kamis, 22 Februari 2018 15:34 Reporter : Siti Nur Azzura
Investor asal Korea tertarik bangun PLTU di Bangka Belitung Pembangkit listrik. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh investor dari Korea tertarik untuk menanamkan modalnya membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Pembangunan PLTU tetap menjadi program kami, tetap lanjut dan malah sekarang ada perusahaan dari Korea, saya lupa namanya sudah masuk itu dan sudah saya disposisi ke bagian perizinan," kata Ibnu di Koba, seperti dikutip Antara, Kamis (22/2).

Ibnu menjelaskan, pembangunan PLTU masih dalam proses perizinan. Sementara terkait pembebasan lahan, sudah disediakan sekitar 1.000 hektare atau lebih luas dari perencanaan awal yang hanya 300 hektare untuk kawasan PLTU itu.

"Rencana pembangunan tidak berhenti, sekarang masih dalam proses dan memang ada kendala di antaranya perizinan namun kami optimistis bisa terealisasi," imbuhnya.

Rencananya, tidak hanya dibangun PLTU, namun juga akan dibangun kawasan terpadu di wilayah tersebut, yaitu industri, pariwisata dan jasa perdagangan. Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan kapan akan dimulai pembangunan PLTU dengan kapasitas 400 MW tersebut kendati sudah direncanakan sejak 2015.

"Belum bisa dipastikan kapan akan dimulai dan selesainya kapan, namun tetap berproses dan kami minta dukungan bersama karena kebutuhan energi daerah ini sudah sangat mendesak mengingat bersentuhan langsung dengan dunia investasi, jasa dan perdagangan," tandas Ibnu. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini