Indonesia Ekspor Turbin Pembangkit Listrik ke Australia dan Rusia

Selasa, 30 Juli 2019 16:08 Reporter : Merdeka
Indonesia Ekspor Turbin Pembangkit Listrik ke Australia dan Rusia Direktur Utama PT Barata Indonesia Oksarlidady Arifin Saat Prosesi Ekspor Turbin. ©Liputan6.com/Tommy Kurnia Rony

Merdeka.com - PT Barata Indonesia (Persero) melakukan ekspor komponen turbin pembangkit listrik yang di produksi oleh PT Barata Indonesia di Cilegon, Banten. Negara yang jadi tujuan adalah Australia dan Rusia.

Produk yang diekspor ke Australia adalah Low Pressure Inner Casing (LPIC) 1x1.105 MW. Komponen pembangkit listrik buatan anak negeri ini akan digunakan untuk menaikkan kapasitas pembangkit listrik AGL Energy dengan kapasitas 2.210 MW (2x1.105 MW).

Pembangkit Listrik ini menyumbang sekitar 30 persen pasokan kebutuhan listrik di Victoria, Australia. Barata Indonesia melakukan pekerjaan fabrikasi, machining hingga assembling turbin.

Barata juga akan mengekspor round condenser tipe 37/46 - 1TSS 124ax ke Rusia, yakni perusahaan Nizhnekamskneftekhim. Pada proyek ini, Barata juga mengurus pengiriman, instalasi, serta pembuatan dua gas turbin SGT5-2000E, dua heat recovery steam generator dan alat pendukung lainnya.

"Kapasitas produksi Barata di Cilegon mencapai 10-12 ribu ton per tahun dan 500-600 ribu manhours," ujar Direktur Utama PT Barata Indonesia Oksarlidady Arifin kepada Liputan6.com pada di Cilegon, Selasa (30/7).

Pria yang akrab disapa Dady itu mengatakan bahwa ekspor komponen pembangkit listrik oleh Barata Indonesia akan terus ditingkatkan sebagai upaya dalam memperkuat posisi perseroan di bidang ekspor. Selain turbin, produk ekspor lainnya ialah komponen kereta api (Bogie) yang rutin diekspor ke Mexico & Canada.

"Saya berharap Pabrik Komponen Turbin ini bisa melakukan hal yang sama dan menjadi salah satu tulang punggung ekspor produk yang dilakukan oleh Barata Indonesia," ujarnya.

Hasil akuisisi Siemens tahun lalu juga berbuah manis. Kini, Barata selain mendapat pesanan dari klien Siemens, mereka juga dipercaya menerima pesanan komponen dari berbagai negara.

Sebelum melakukan ekspor ke Australia, Barata Indonesia juga telah melakukan ekspor komponen Pembangkit Listrik, ke berbagai negara seperti Condenser & LP Outer Casing ke Brasil, Argentina dan Pakistan. Komponen Blade Ring ke Panama, Argentina, Brazil dan Pakistan. Inner Casting ke Bangladesh Serta Combustion Chamber ke Taiwan.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini