Iklim usaha tengah tak nyaman, Apindo siap bantu pemerintah stabilkan Rupiah

Jumat, 14 September 2018 16:14 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Iklim usaha tengah tak nyaman, Apindo siap bantu pemerintah stabilkan Rupiah Ketua Umum Apindo Hariyadi B Sukamdani. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Ekonomi global yang tengah bergejolak mulai mengusik pengusaha Tanah Air. Suasana mulai dirasa tidak kondusif sejak Rupah terdepresiasi atau melemah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS).

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi B Sukamdani, menegaskan pengusaha siap membantu penguatan Rupiah dengan cara membawa pulang semua Devisa Hasil Ekspor (DHE). "Insya Allah kita akan sama-sama jaga Rupiah. Kita akan upayakan ekonomi kita jadi lebih baik," ujarnya dalam sebuah acara seminar di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat, Jumat (14/9).

Hariyadi mengakui gejolak ekonomi dunia mulai berdampak pada iklim dunia usaha. "Terasa membuat suasana kurang nyaman dalam berusaha," kata Hariyadi.

Dia menjelaskan, dalam beberapa waktu terakhir, pelemahan Rupiah terjadi cukup signifikan. Selain itu, ada tren proteksi dari negara tujuan ekspor. "Juga peningkatan biaya dalam negeri. Ini jadi sesuatu yang perlu kami diskusikan," ujarnya.

Pemerintah dan bank sentral juga diminta untuk segera merespon kondisi saat ini dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan antisipatif. "Kami ingin tahu juga bagaimana antisipasi BI menghadapi situasi tersebut." [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini