IHSG capai 6.355 poin, Sri Mulyani sebut akan banyak investor lirik Indonesia

Jumat, 29 Desember 2017 19:16 Reporter : Desi Aditia Ningrum
IHSG capai 6.355 poin, Sri Mulyani sebut akan banyak investor lirik Indonesia Penutupan bursa saham 2017. ©2017 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Perdagangan bursa saham 2017 ditutup pada level 6.355 poin. Angka tersebut naik signifikan dibandingkan tahun 2016 yang hanya mencatat penutupan perdagangan pada level 5.296 poin.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku senang dengan capaian tersebut. Hal ini menunjukkan kinerja dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan begitu akan banyak investor melirik Indonesia sebagai negara yang pantas untuk berinvestasi.

"Kita tentu saja senang dengan prestasi IHSG mencapai 6,355,65. Ini menggambarkan kinerja dari perusahaan-perusahaan yang listing di BEI karena dengan fundamental perusahaan ini, bahkan perusahaan milik negara yang listed mereka juga bisa menunjukkan profitabilitas yang cukup solid dan itu dilihat oleh para investor," kata Sri Mulyani di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (29/12).

Menurutnya, fundamental perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI cukup baik, sehingga jadi optimisme untuk masuk di 2018 dengan neraca dan profitabilitas yang bagus.

"Dan catat rekor saham ini berarti kapitalisasi mereka akan meningkat, saya berharap perusahaan-perusahaan listed lakukan ekspansi sehingga pertumbuhan ekonomi bisa dipacu dengan investasi yang lebih baik, ada keseimbangan antara ekspor konsumsi dan investasi," ujarnya.

Dia berharap sentimen ini akan terjaga, sehingga makin banyak perusahaan-perusahaan yang mendaftar di bursa.

"Ini adalah bagian dari ekspansi mereka, kalau untuk investasi tanpa meningkatkan utang mereka yaitu dengan lakukan listing di bursa. Sehingga mereka bisa meningkatkan ekuitas tanpa membebani dalam bentuk utang, ini adalah pesan yang sangat positif pada akhir tahun dan kita akan jaga terus momentumnya," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini