Genjot Penggunaan Meterai Asli, Pos Indonesia Gelar Acara Penghargaan

Rabu, 24 Juli 2019 21:22 Reporter : Merdeka
Genjot Penggunaan Meterai Asli, Pos Indonesia Gelar Acara Penghargaan Meterai Award 2019. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - PT Pos Indonesia (Persero) menggelar Meterai Award 2019, sebuah bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan dan mitra yang telah melakukan pembelian meterai tempel di Kantor Pos, baik digunakan di internal perusahaan maupun untuk dijual kepada masyarakat.

Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan Pos Indonesia Ihwan Sutardiyanta mengatakan, penyelenggaraan Meterai Award 2019 ini diharapkan akan mendorong masyarakat untuk tidak tergiur membeli dan menggunakan meterai palsu.

"Itu akan merugikan pengguna meterai serta merugikan negara, karena pajak dari bea meterai yang seharusnya bisa digunakan oleh negara untuk pembangunan menjadi tidak tersampaikan," ujar Gilarsi saat acara berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (24/7).

Dia juga berharap, kegiatan Meterai Award 2019 dapat semakin menguatkan kesadaran kepada perusahaan-perusahaan besar untuk lebih memperhatikan pelunasan bea meterainya sesuai dengan Undang Undang Nomor 13 Tahun 1985 tentang Bea Meterai.

Adapun bentuk apresiasi dalam acara penganugerahan diberikan dalam berbagai kategori berdasarkan transaksi pembelian dan penjualan meterai pada periode Januari-April 2019.

Bentuk apresiasi untuk kategori Perusahaan Ritel diberikan karena beberapa alasan, seperti perusahaan dengan pembelian meterai dalam jumlah besar dan peran aktif perusahaan untuk menjual meterai asli kepada masyarakat.

Untuk kategori lainnya yakni Pelayanan Kesehatan, Jasa Pembiayaan, Perbankan, Jasa Konsultansi, Jasa Pelayanan Hukum, dan Jasa Pelayanan Transportasi, apresiasi diberikan lantaran tingginya kesadaran perseroan untuk menggunakan meterai asli dalam setiap transaksinya.

Kategori lainnya yakni Pertumbuhan Penjualan Meterai Tertinggi dan Penjualan Tertinggi juga dicanangkan sebagai apresiasi atas usaha yang dikembangkan guna mewujudkan kesadaran masyarakat untuk melunasi kewajiban bea meterainya sekaligus menumbuhkan kesadaran untuk membeli dan menggunakan meterai asli yang dijual di Kantor Pos.

Lebih lanjut, Ihwan menyatakan, kepercayaan dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan kepada Pos Indonesia sebagai satu-satunya institusi yang ditunjuk untuk mengelola dan menjual meterai akan terus dijaga dengan memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan meterai asli yang dijual di lebih dari 4.800 outlet Pos Indonesia yang tersebar di seluruh negeri.

"Pos Indonesia secara aktif ikut menekan peredaran meterai palsu dengan terus memberikan informasi kepada masyarakat untuk membeli meterai di tempat yang terjamin keasliannya serta menjamin ketersediaan meterai asli yang dijual di seluruh outlet Pos Indonesia," tandasnya.

Berikut daftar kategori sekaligus penerima penghargaan dalam ajang Meterai Award 2019:

Kategori Perusahaan Ritel : PT INDOMARCO PRISMATAMA & PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA
Kategori Pelayanan Kesehatan : RUMAH SAKIT HERMINA
Kategori Jasa Pembiayaan : BUSSAN AUTO FINANCE
Kategori Perbankan : Bank BCA
Kategori Jasa Konsultansi : PT PITOE SARANA INFORMATIKA
Kategori Jasa Pelayanan Hukum : PT SARANA LEGALITAS INDONESIA
Kategori Jasa Pelayanan Transportasi : HIBA GROUP
Kategori Pertumbuhan Penjualan Meterai Tertinggi I : Kantor Pos Tabanan & Kantor Pajak Pratama Tabanan
Kategori Pertumbuhan Penjualan Meterai Tertinggi II : Kantor Pos Bojonegoro & Kantor Pajak Pratama Bojonegoro
Kategori Penjualan Tertinggi I : Kantor Pos Jakarta Selatan
Kategori Penjualan Tertinggi II : Kantor Pos Jakarta Pusat

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini