ESDM: Industri Tidak Boleh Nikmati BBM Satu Harga

Kamis, 22 November 2018 19:05 Reporter : Wilfridus Setu Embu
ESDM: Industri Tidak Boleh Nikmati BBM Satu Harga SPBU. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian ESDM meresmikan titik ke-97 penyalur BBM Satu Harga di Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan, hari ini, Kamis (22/11). SPBU Kompak nomor 65.711.2003 ini terletak di Desa Bajayau, berjarak 45 Km dari penyalur terdekat dan 180 Km dari sumber pasokan yaitu depot Kuin Banjarmasin.

Staff Ahli Menteri Bidang Perencanaan Strategis KESDM, Yudo Dwinanda Priaadi menegaskan bahwa keberadaan SPBU Kompak penyalur BBM satu harga ini diprioritaskan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, dia mengharapkan kerja sama dari pihak Pemerintah Daerah (Pemda), Pengelola SPBU BBM satu harga, serta PT Pertamina untuk terlibat dalam pengawasan distribusi.

"Kami berharap Pemerintah Daerah, Pengusaha dan PT Pertamina (Persero) dapat bekerja sama dalam melakukan pengawasan, tidak boleh ada pelaku industri yang menikmati Program BBM Satu Harga ini," kata dia, di acara peresmian.

Selain itu, pembangunan SPBU di lokasi terpencil, tentu membutuhkan nilai investasi yang besar sehingga harus dipastikan penggunaan SPBU sesuai peruntukannya, yakni bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Pembangunan SPBU Kompak di wilayah 3T ini bukan merupakan hal yang mudah mengingat lokasi geografis dan ongkos angkut yang tinggi sehingga perlu dipastikan tepat sasaran peruntukannya," ujar dia.

"Kalau mereka (Industri), langsung berhubungan dengan Pertamina," tandasnya.

Untuk diketahui, pada tahun 2018 ini, target Penyalur BBM Satu Harga sebanyak 73 penyalur dengan realisasi sampai hari ini telah beroperasi 40 Penyalur BBM Satu Harga dengan rincian 38 penyalur oleh PT Pertamina (Persero) dan 2 penyalur oleh PT AKR Corporindo, TBK. Pada tahun 2019, ditargetkan 29 Penyalur beroperasi oleh PT Pertamina (Persero) dan 1 Penyalur oleh PT AKR Corporindo, Tbk. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. BBM Satu Harga
  2. ESDM
  3. Pertamina
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini