Di Era Kemajuan Teknologi, Sri Mulyani Ingatkan Kesiapan PNS Pada Perang Informasi

Sabtu, 1 Juni 2019 10:30 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Di Era Kemajuan Teknologi, Sri Mulyani Ingatkan Kesiapan PNS Pada Perang Informasi Sri Mulyani Apresiasi Wajib Pajak. ©2019 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani, meminta segenap jajaran pegawai negeri sipil (PNS) Kemenkeu untuk terlibat aktif dalam membela kredibilitas keuangan negara. Salah satunya dengan menangkal isu-isu tidak benar atau hoaks terkait keuangan negara.

Kemajuan teknologi dan derasnya arus informasi, kata dia, tidak saja dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperbaiki kebijakan di berbagai sisi termasuk pengelolaan keuangan negara. Namun, dapat digunakan sebagai saluran untuk menyebarkan informasi hoaks.

"Saya harap ASN Kementerian Keuangan mampu secara bijaksana menyikapi arus kemajuan teknologi dan informasi secara bijak, secara cermat, secara tegas. Bukan bahkan menjadi penyalur dari berita-berita yang tidak benar," kata dia, dalam upacara peringatan hari Lahir Pancasila, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Sabtu (1/6).

Setiap insan Kemenkeu, tegas dia, harus berada di garda terdepan dalam memberikan informasi akurat yang berkaitan dengan keuangan negara. "Anda harus menjadi pasukan terdepan dalam membela akurasi informasi mengenai keuangan negara termasuk APBN kita. Bisa memberikan edukasi kepada masyarakat bukan menjadi saluran provokasi," tegas dia.

"Ini bukan hanya tugas Menteri Keuangan, bukan hanya tugas divisi komunikasi. Di era teknologi perang data dan perang informasi. Termasuk penyalahgunaan informasi dan data begitu sangat pesat. Saya tidak ingin melihat jajaran kementerian keuangan menjadi korban apalagi menjadi pelaku dari informasi yang salah," imbuhnya.

Dia pun berpesan kepada ASN yang merayakan Ramadan agar memaknai bulan suci sebagai sarana untuk membersihkan diri. "Saya ingin kita semua di bulan yang suci ini untuk berlomba-lomba untuk menyucikan hati dan menjadi bagian penting dalam mencapai tujuan negara kita," tandas Menteri Sri Mulyani. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini