Data OJK: Realisasi Penyaluran KUR Capai Rp225,91 Triliun per Oktober 2021

Kamis, 11 November 2021 21:00 Reporter : Sulaeman
Data OJK: Realisasi Penyaluran KUR Capai Rp225,91 Triliun per Oktober 2021 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso. ©2021 IKetua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus bersinergi dengan berbagai stakeholder untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19. Antara lain melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku UMKM hingga percepatan vaksinasi.

Ketua Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mencatat, realisasi penyaluran KUR nasional per Oktober 2021 sebesar Rp225,91 triliun. Sedangkan di kota Medan per September 2021 sudah tersalurkan dana KUR sebesar Rp1,29 triliun kepada 29 ribu debitur.

"Saya mengapresiasi industri perbankan yang tetap konsisten memberikan dukungan berupa pembiayaan kepada UMKM melalui KUR. Saya juga mengapresiasi langkah pemerintah daerah untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM sebagai bagian dari percepatan pemulihan ekonomi nasional," kata Wimboh saat melakukan kunjungan kerja di Medan Sumatera Utara, Kamis (11/11).

Wimboh mengatakan, realisasi penyaluran KUR di kota Medan merupakan tertinggi di Sumatera Utara. Yakni, mencapai 13,34 persen dari total penyaluran KUR di Sumatera Utara sampai dengan September 2021.

"OJK mendorong pemberdayaan UMKM mulai dari pembiayaan, pembinaan, dan pendampingan sampai kepada penjualan secara ekspor atau dengan memaksimalkan penjualan berbasis digital melalui e-commerce," bebernya.

Bersamaan dengan kunjungan kerjanya di Medan, Wimboh Santoso meninjau pelaksanaan kegiatan vaksinasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 12 November 2021 dengan target 1.000 peserta. Antara lain terdiri dari dosen, mahasiswa, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan masyarakat umum.

"Sampai dengan November 2021, OJK bekerjasama dengan Industri Jasa Keuangan (IJK) dan berbagai pemangku kepentingan di Sumatera Utara telah melakukan vaksinasi Covid-19
kepada 83.500 masyarakat," ungkapnya.

Oleh karena itu, OJK bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, IJK serta berbagai pihak menargetkan untuk memberikan vaksinasi sebanyak 10 juta ke berbagai daerah sampai Desember 2021 untuk mendukung upaya pemerintah membentuk kekebalan komunal di masyarakat.

"OJK akan terus bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan baik dari industri jasa keuangan, pemerintah daerah termasuk perguruan tinggi untuk dapat mempercepat proses vaksinasi agar tercipta kekebalan komunal di masyarakat dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional," tandasnya.

[idr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. OJK
  3. Kredit Usaha Rakyat
  4. UMKM
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini