Cerita Jeff Bezos Nyaris Kehilangan Gelar Orang Terkaya Dunia dalam Semalam

Senin, 28 Oktober 2019 08:00 Reporter : Merdeka
Cerita Jeff Bezos Nyaris Kehilangan Gelar Orang Terkaya Dunia dalam Semalam Jeff Bezos . REUTERS

Merdeka.com - Pendiri Amazon Jeff Bezos hampir saja kehilangan gelarnya sebagai orang terkaya di dunia dalam semalam. Ini terjadi karena pendapatan perusahaannya di kuartal III-2019 yang berada jauh di bawah perkiraan Wall Street. Akibatnya, saham perusahaan jatuh.

Kerugian dialami Jeff Bezos akibat harga saham Amazon anjlok sebesar 9 persen pada perdagangan after hours setelah perusahaan melaporkan laba kuartal ketiga yang dinilai mengecewakan oleh para investor, pada Kamis kemarin.

Sebagian besar kekayaan Jeff Bezos berasal dari saham Amazon. Dia memiliki sekitar 57 juta saham atau sekitar 12 persen dari perusahaan. Kekayaan bersihnya turun hanya dalam semalam sekitar USD 3 miliar karena saham Amazon anjlok.

Jika penurunan harga saham Amazon berlanjut seperti itu, Bezos terancam kehilangan gelar sebagai orang terkaya di dunia dan digantikan oleh co-founder Microsoft Bill Gates, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Kekayaan Jeff Bezos saat ini tercatat mencapai USD 109,6 miliar, di mana jumlah itu lebih tinggi dari Bill Gates yang hanya USD 106 miliar. Jeff Bezos mengambil alih gelar Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 2017.

1 dari 1 halaman

Tahun Berat Buat Jeff Bezos

Ini merupakan tahun yang sulit bagi Jeff Bezos karena harus mengalami perceraian dan kehilangan harta sekitar USD 14 miliar. MacKenzie Bezos atau mantan istrinya menerima 25 persen dari saham Amazon sebagai akhir dari perceraiannya. Jeff Bezos juga memberikan 4 persen saham di perusahaan yang berjumlah sekitar USD 38 miliar.

Sementara itu Bill Gates telah memperoleh USD 17 miliar per tahun. Dia memiliki kekayaan sekitar 1 persen dari Microsoft yang naik 40 persen pada tahun ini. Sedangkan saham Amazon hanya naik 17 persen pada tahun ini.

Jeff Bezos dan Bill Gates memiliki lawan lain, yaitu miliuner asal Prancis, Bernard Arnault. CEO LVMH (LVMHF) ini termasuk ke dalam daftar orang yang memiliki kekayaan lebih dari USD 100 miliar. Pada bulan Juli lalu Bernard berhasil menggeser posisi Bill Gates yang berada pada posisi ke dua.

Reporter Magang: Winda Ayu Lestari [idr]

Baca juga:
Jeff Bezos Diramal Bakal Jadi Triliuner Pertama Dunia
Menguak Sumber Pendapatan Orang Terkaya Dunia
Jeff Bezos Bagikan Tips dan Sikap yang Harus Dimiliki Saat Putuskan Mulai Bisnis

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini