BTN sebut hunian terintegrasi moda transportasi makin dicari penduduk DKI

Sabtu, 22 September 2018 17:00 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
BTN sebut hunian terintegrasi moda transportasi makin dicari penduduk DKI Direktur Utama Bank BTN Maryono. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk kembali menggelar Pameran Properti Indonesia (IPEX) ke-18 berlangsung 22-30 September 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan. Sekitar 149 pengembang dalam IPEX menawarkan sekitar 730 proyek diantaranya adalah proyek Transit Oriented Development atau TOD.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono, memastikan Bank BTN berpartisipasi memberikan kredit konstruksi dan Kredit Pemilikan Apartemen untuk proyek TOD milik Perumnas. Dia menjelaskan, hunian berbasis TOD akan menjadi kebutuhan warga Jakarta.

"Khusus wilayah Jakarta, hunian vertikal akan makin berkembang karena berdasarkan riset Housing Finance Center BTN, kebutuhan rumah di Jakarta dalam 13 tahun mendatang akan terus meningkat," kata Maryono saat membuka IPEX di JCC, Sabtu (22/9).

Maryono mengungkapkan, akhir 2030, kemungkinan kekurangan pasokan atau backlog sekitar 1,751 juta rumah karena laju pertumbuhan penduduk DKI yang tinggi namun lahan semakin sempit. "Rumah susun menjadi pilihan pengembang untuk ekspansi," ujarnya.

Setelah TOD di Tanjung Barat, Bank BTN juga membidik proyek TOD Perumnas di Pondok Cina dan stasiun Bogor. Selain itu, Bank BTN membuka sinergi dengan pengembang TOD lain, seperti PT PP Properti Tbk yang akan menggarap TOD Stasiun Juanda dan TOD Stasiun Tanah Abang, dan juga PT Adhi Karya yang menggarap sejumlah proyek TOD bertajuk LRT City. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini