Bos APII Bocorkan Holding BUMN Penerbangan Bakal Berubah Menjadi Pariwisata

Jumat, 24 Januari 2020 16:28 Reporter : Merdeka
Bos APII Bocorkan Holding BUMN Penerbangan Bakal Berubah Menjadi Pariwisata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. ©Humas PT Angkasa Pura II

Merdeka.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, menyampaikan pemerintah hendak mengubah konsep holding BUMN penerbangan menjadi holding pariwisata. Pembentukan holding ini ditarget rampung akhir tahun.

"Holding penerbangan sekarang sedang dikembangkan untuk jadi indonesia tourism ecosystem. Saya rasa bagus juga melihat adanya holding aviasi atau penerbangan dikorelasikan langsung dengan pariwisata," kata Awaluddin di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/1).

Dia mengatakan, pemerintah beserta operator bandara dan stakeholder terkait terus mengadakan kajian komprehensif mengenai usulan perubahan skema holding tersebut.

Adapun beberapa pihak yang terlibat di holding BUMN ini berasal dari sektor penerbangan dan pariwisata. Seperti PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Angkasa Pura I (Persero).

1 dari 1 halaman

Target Terbentuk Akhir 2020

akhir 2020

Rencananya, pembentukan holding pariwisata yang sebelumnya berkonsep holding penerbangan tersebut akan tuntas pada akhir tahun ini. "Targetnya akhir tahun (selesai). Ini di-direct oleh Kementerian BUMN dan antar perusahaan BUMN," jelas Awaluddin.

Awaluddin melanjutkan, pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN belum menunjuk perusahaan yang akan menjadi induk holding. "Karena kajiannya jadi ekosistem pariwisata, belum ditetapkan kembali. Kalau yang di holding aviasi kan sudah ditetapkan tapi berubah pariwisata. Sekarang tidak tahu seperti apa," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Jadi Penyelamat Jiwasraya, Payung Hukum Holding Asuransi Diteken Februari
Ini Perusahaan yang Bakal Tergabung di Holding BUMN Asuransi
Jiwasraya Bakal Mulai Cicil Pembayaran Polis di Kuartal II
Erick Thohir Angkat Suara Soal Holding BUMN Rumah Sakit
Strategi Erick Thohir Cicil Dana Nasabah Jiwasraya
Kebijakan Mengejutkan Erick Thohir Sepanjang 2019 Guna Benahi Perusahaan BUMN
Agus Tjahajana Jadi Komisaris Utama Holding Pertambangan Inalum

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini