BKN Keluhkan Lowongan CPNS Daerah Pelosok Sepi Peminat

Minggu, 10 November 2019 19:00 Reporter : Merdeka
BKN Keluhkan Lowongan CPNS Daerah Pelosok Sepi Peminat cpns. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dibuka mulai besok, 11 November 2019. Berbagai persiapan terus dilakukan pemerintah agar proses seleksi pendaftaran CPNS 2019 dapat berlangsung lancar dan aman.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengungkapkan, masih ada sejumlah tantangan saat berbicara fenomena CPNS, salah satunya masih rendahnya peminat abdi negara di daerah pelosok Tanah Air.

"Sering pelosok itu (tak mendapat pendaftar), itu juga jadi masalah. Mencari dokter, S1-teknik (mesin, sipil, arsitektur) atau guru fisika, matematika, biologi, kimia tidak semua bisa. Di Jawa tidak masalah, tapi di daerah terpencil sangat terbatas," tuturnya dari pesan tertulis, Minggu (10/11).

Bima mengatakan, masalah missmatch kerap kali menjadi tantangan tersendiri saat mencari putra-putri bangsa untuk mengabdi lewat pendaftaran CPNS.

"Yang lebih jadi masalah lagi adalah pemdanya sering hanya memilih putra daerahnya sendiri karena tekanan pencari kerja di daerah, terutama di Papua dan Papua Barat. Jadi selalu ada mismatch," kata dia.

"Jadi antara kebutuhan dan ketersediaan tidak nyambung," tambahnya.

1 dari 1 halaman

BKN Siapkan Server

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan server untuk pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah siap. Pendaftaran secara resmi akan dibuka besok, Senin (11/11).

"Server BKN siap. Dukcapil juga siap," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana dikutip dari Antara.

Menurutnya, di hari pertama, biasanya para pendaftar/pelamar akan melihat terlebih dulu lowongan CPNS yang tersedia melalui situs pemerintah. Peserta biasanya akan mengukur peluang mereka pada masing-masing formasi yang diincar.

"Hari pertama diperkirakan peserta akan 'window shopping' dulu, melihat lowongan dan menghitung potensi kompetisinya," kata dia.

Dia mengatakan, biasanya pendaftaran baru akan dilakukan di hari-hari terakhir. Pemerintah mengantisipasi jumlah pendaftar CPNS mencapai 4,5 juta orang layaknya terjadi tahun lalu.

"Tahun lalu 4,5 jutaan pendaftar, antisipasinya di angka itu. Antisipasi pendaftaran pada hari-hari terakhir, mereka sudah banyak belajar dari pengalaman tahun lalu," kata Bima. [idr]

Baca juga:
Penerimaan CPNS 2019, Pemkot Solo Ajukan 407 Formasi
Pendaftaran CPNS Dibuka Besok, Begini Strategi Agar Lolos Tes Administrasi
Kejaksaan Agung 'Jemput Bola' Pendaftaran CPNS Lewat Car Free Day
Kejaksaan Agung Buka Lowongan 5.203 CPNS, 2.000 Formasi untuk Lulusan SLTA
BKN: Materi Radikalisme Masuk di Pelatihan Dasar CPNS
CPNS Radikal akan Disaring Saat Seleksi Kompetensi Bidang

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini