BI: Perlu 22 tahun untuk mencapai rating BBB tanpa minus

Jumat, 22 Desember 2017 16:49 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
BI: Perlu 22 tahun untuk mencapai rating BBB tanpa minus Deputi BI Mirza Adityaswara. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) kembali mengafirmasi peringkat Indonesia pada level layak investasi (Investment Grade) pada 20 Desember 2017. Fitch meningkatkan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia menjadi BBB pandangan stabil.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara mengatakan naiknya peringkat tersebut merupakan tanda kepercayaan investor internasional terhadap kondisi perekonomian Indonesia.

"Tentu kita gembira bahwa fitch lebih dulu melakukan upgrade terhadap rating Indonesia dan ini menunjukkan kepercayaan dari dunia internasional. Rating ini kan mewakili analisis dari investor internasional," kata Mirza, di Jakarta, Jumat (22/12).

Menurutnya, hilangnya simbol minus dari peringkat baru rating utang Indonesia menunjukkan perbaikan yang cukup bagus. Sebab, untuk mencapai hal tersebut, Indonesia butuh waktu selama 22 tahun.

"Jadi kalau rating BBB tanpa minus, artinya kita ada upgrade sekali lagi dan itu kita mencapainya tahun 1995. Kemudian pada waktu ekonomi di 1997 itu sudah agak turun ke BBB- lalu ada krisis tahun 1998. Jadi kita perlu waktu 22 tahun untuk itu," imbuhnya.

Dia menjelaskan, peringkat tersebut diperoleh berdasarkan penilaian dari para investor yang selama ini telah menanamkan investasinya di Indonesia. Terutama yang investasi di pasar surat utang negara yang berikan kredit kepada Indonesia.

"Dan juga investasi di pasar modal. Analisis mereka terhadap ekonomi pengelolaan itu di refleksikan dalam rating itu," ujarnya.

Seperti diketahui, terdapat dua alasan yang mendorong peningkatan peringkat tersebut. Pertama, menguatnya sektor eksternal yang didukung oleh kebijakan makroekonomi yang secara konsisten diarahkan untuk menjaga stabilitas.

Kedua, upaya sinergi Pemerintah dalam reformasi struktural yang mampu meningkatkan iklim investasi, seperti tercermin dari meningkatnya peringkat Ease of Doing Business Indonesia. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini