Baru Dapat Kerja, 5 Hal Ini Akan Sering Anda Temui di Kantor

Kamis, 27 Juni 2019 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Baru Dapat Kerja, 5 Hal Ini Akan Sering Anda Temui di Kantor Ilustrasi bekerja di kantor. ©Shutterstock.com/auremar

Merdeka.com - Ketika masuk kantor sebagai anak baru, banyak hal yang Anda belum ketahui di balik semua pekerjaan Anda. Semakin banyak orang di kantor, maka semakin banyak kemungkinan permasalahan yang akan terjadi.

Untuk itu, penting untuk Anda mengetahui hal-hal tersebut untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja. Sehingga, Anda bisa mengontrol diri dan lebih toleransi terhadap sesama rekan kerja. Selain itu, Anda juga bisa lebih sabar dan bertanggung dalam membuat keputusan.

Berikut 5 hal yang akan sering ditemui di kantor, dikutip JobStreet.

1 dari 5 halaman

Nepotisme

Nepotisme di kantor biasanya dikaitkan dengan 'jalur dalam'. Di mana seseorang dapat diterima kerja karena memiliki hubungan saudara atau teman dekat dengan orang berpengaruh di perusahaan tersebut. Mungkin jika kamu belum merasakannya, hal ini tidak akan menjadi masalah untuk Anda.

Hal tersebut akan menjadi masalah, ketika orang baru tersebut mengancam keberadaan posisi Anda. Nah, di saat seperti itu apa yang harus dilakukan? Coba Anda pertanyakan dulu, apa orang tersebut jauh lebih efisien kerjanya dibandingkan diri Anda? Apa penjualannya meningkat sejak keberadaannya?

Jika ya, yang bisa Anda lakukan adalah pergi jalan-jalan dan coba merilekskan diri Anda dari stress. Jika tidak, coba Anda kumpulkan semua bukti yang ada, dan siapkan diri Anda untuk melaporkan hal tersebut ke HR, di saat seperti itu Anda harus objektif dan bicaralah sesuai fakta bukan perasaan.

2 dari 5 halaman

Bos yang Selalu Mencari Kesalahan

Pasti akan menjadi beban sendiri jika memiliki atasan yang selalu menyalahkan pekerjaan Anda. Padahal menurut Anda, Anda sudah melakukan yang terbaik dan mengusahakan pekerjaan yang Anda lakukan sempurna. Lain halnya, jika Anda terus melakukan kesalahan yang sama, kalau seperti itu, Anda yang perlu mengoreksi diri.

Namun, jika Anda telah melakukan hal yang benar dan sesuai dengan kemauannya, tapi Anda masih tetap disalahkan. Salah satu solusinya yaitu bertanya kepada atasan, di mana kesalahan Anda dan catat, lalu pastikan lagi ke atasan Anda. Dengan begitu, jika atasan menyalahkan Anda lagi, Anda bisa menangkisnya dengan bukti yang ada.

3 dari 5 halaman

Rangkap Pekerjaan

Semua orang yang bekerja di level entry atau orang yang bekerja di perusahaan kecil pasti pernah merasakan hal ini. Anda diminta untuk merangkap sesuai dengan kebutuhan perusahaan, bukan sesuai keahlian kamu. Selain itu, tidak ada training yang diberikan, perusahaan hanya ingin tahu bahwa pekerjaan tersebut beres tanpa ada salah. Kondisi seperti itu sangat merugikan diri Anda.

Sisi positifnya, Anda bisa belajar hal-hal baru, selain itu jika Anda merasa tidak dapat mengerjakannya, Anda bisa bertanya pada atasan dengan baik. Selain itu, kalau Anda tidak ingin mengerjakan tugas tersebut, Anda bisa menolaknya dan jelaskan mengapa Anda keberatan, dengan begitu atasan bisa mengerti keadaan Anda.

4 dari 5 halaman

Sistem Organisasi Tidak Jelas

Perusahaan tempat Anda kerja punya struktur organisasi yang tidak jelas? Hati-hati, hal ini bisa bikin Anda stress, kenapa? Hal ini dapat mengantarkan Anda pada kemungkinan bekerja lebih dari job desc yang dijanjikan. Selain itu, sistem organisasi yang tidak jelas dapat berdampak pada pergeseran tanggung jawab.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi hal ini? Jika Anda merasa kurang jelas dengan struktur organisasi di kantor, Anda bisa menanyakan hal ini kepada atasan. Sehingga, kalian bisa berdiskusi dan memecahkan masalah ini bersama.

5 dari 5 halaman

Melakukan Kesalahan

Apa yang harus dilakukan setelah Anda membuat kesalahan. Jangan takut dan akui kesalahan. Anda itu juga manusia, jadi wajar melakukan kesalahan. Jika Anda tidak pernah melakukan kesalahan, Anda tidak akan pernah berkembang.

Solusi untuk masalah ini adalah, beri tahu kesalahan Anda secepatnya. Jika Anda dimarahi, dengarkan apa yang diberitahu atasan, jangan sampai Anda tutup kuping. Perbaikilah kesalahan Anda dan jangan sampai terulang. Jika Anda mengulang lagi kesalahan itu, maka akibatnya malah lebih fatal. [azz]

Baca juga:
Tips Sukses Ketua IIKP: Kerja Harus Fokus Pada Tujuan
Mau Cari Kerja, Pahami Dahulu Tantangan Melamar Pekerjaan 'Zaman Now'
Multitasking Bukan Berarti Anda Produktif, Ini Alasannya

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini