Arcandra sebut 85 persen wilayah Palu sudah kembali teraliri listrik

Jumat, 12 Oktober 2018 16:52 Reporter : Dwi Aditya Putra
Arcandra sebut 85 persen wilayah Palu sudah kembali teraliri listrik Arcandra Tahar. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, memastikan bahwa hampir seluruh kawasan di Kota Palu, Sulawesi Tengah yang terdampak gempa dan tsunami sudah bisa teraliri listrik. Hingga saat ini pihaknya mencatat sekitar 85 persen di kawasan tersebut sudah bisa diterangi.

"Listrik Alhamdulillah sudah pulih 85 persen," kata Arcandra saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat (12/10).

Arcandra menyebut, untuk saat ini kapasitas listrik yang terpasang baru mencapai 102 megawatt (MW). Jumlah tersebut masih di bawah dari kapasitas normal sebelum terjadi bencana yakni sebesar 125 MW.

"Bebannya sekarang baru sekitar 60 MW. Separuhnya, baru ada marginnya. Tapi PLN akan memulihkan beban sebelum terjadi tsunami 125 MW," imbuhnya.

Sebelumnya, PLN telah memperbaiki jaringan listrik di daerah terdampak Gempa dan Tsunami yang ada di Palu, dan sekitarnya. Saat ini, ada empat wilayah yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong, dan Kabupaten Sigi yang telah menikmati kembali pelayanan dari PLN.

"Jikalau di persentasekan artinya 82 persen masyarakat sudah menikmati listrik. Kita akan berusaha maksimal untuk memulihkan kelistrikan ini secara cepat," kata General Manager PLN Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo), Edison Sipahutar.

Edison menjelaskan, dari empat wilayah yang disebutkan tersebut, PLN memfokuskan pada area yang menjadi titik-titik perekonomian dan obyek vital. Seperti perkantoran, Kantor Bupati, Rumah Sakit, SPBU dan sebagainya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini