Angkasa Pura Siap Beri Insentif Maskapai Agar Tiket Pesawat Turun di 11 Juli

Senin, 8 Juli 2019 21:09 Reporter : Dwi Aditya Putra
Angkasa Pura Siap Beri Insentif Maskapai Agar Tiket Pesawat Turun di 11 Juli Konpers Evaluasi Kebijakan Penurunan Tarif Tiket Pesawat. ©2019 Humas Kemenko Perekonomian

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK mulai memberlakukan diskon tarif tiket pesawat penerbangan berbiaya rendah atau Low Cost Carrier (LCC) pada Kamis 11 Juli 2019. Adapun besaran diskonnya adalah sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA) yang berlaku pada Selasa, Kamis dan Sabtu.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan pihaknya telah memberikan insentif kebandaraan kepada maskapai. Ada sekitar 16 bandara di bawah naungan AP II bakal turut mendukung pemerintah dalam penurunan harga tiket pesawat.

"Kami siap dengan 16 bandara. Ini bisa jadi triger kembali yang kami harapkan membaik," ucapnya di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (8/7).

Sedangkan Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menyebut entitasnya berkontribusi menyiapkan 14 bandara untuk mendukung insentif fiskal. "Kami kontribusi terhadap program yang dijelaskan," kata Faik.

Direktur Keuangan Citilink, Ester Siahaan, mengatakan pihaknya siap memberikan diskon 50 persen sesuai dengan instruksi dari pemerintah pada hari kamis mendatang. Ini sebagai bentuk dukungan maskapai untuk menyediakan penerbangan murah kepada masyarakat.

Citilink sendiri akan menyediakan sebanyak 62 penerbangan per harinya setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB dengan menyiapkan sebanyak 3.348 kursi.

"Kami sangat mendukung harga murah yang mana akan diberikan rute Citilink 62 flight jam 10.00 WIB sampai 14.00 WIB. Tim kami sudah mulai menyesuaikan di dalam sistem. Akan dimulai 11 Juli 2019," ujarnya.

Senada dengan Citilink, CEO Lion Air, Rudi Lumingkewas, juga mengaku siap menjalankan instruksi pemerintah mengenai pemberian diskon 50 persen untuk 30 persen kursi yang disediakan. Pihaknya juga meminta bantuan agar seluruh stakeholder untuk mendukung pemberian tiket murah ini.

"Kami juga sangat mendukung 146 flight disedikan selasa kamis sabtu jam 10-14. Kami terimakasih kepada stakeholders yang lain agar terlaksana dan mulai berlaku sampai 11 juli," pungkasnya.

Sebagai bentuk dukungan, Lion Air Group sendiri akan menyediakan 146 penerbangan per hari di waktu dan jam-jam tertentu yang telah diatur oleh pemerintah dengan menyiapkan tiket pesawat harga baru sebanyak 8.278 kursi. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini