5 Cara Ampuh Agar Tidak Menunda Pekerjaan

Kamis, 4 Juli 2019 05:00 Reporter : Siti Nur Azzura
5 Cara Ampuh Agar Tidak Menunda Pekerjaan Ilustrasi bekerja. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Terkadang seseorang pasti dilanda rasa malas untuk melakukan pekerjaan. Sering kali, mereka mengerjakan tugas atau pekerjaannya mendekati tenggat waktu atau deadline.

Padahal, menunda pekerjaan sama saja membuang waktu Anda. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga membuat pekerjaan Anda menjadi tidak teliti karena dikerjakan dengan terburu-buru.

Berikut 5 cara ampuh agar Anda tidak menunda pekerjaan, sehingga kualitas kerja Anda akan meningkat, dikutip Jobstreet.

Niat

Tanpa ada niat, Anda tidak akan bisa mengubah diri Anda sendiri. Kebiasaan menunda tidak dapat diselesaikan dengan solusi dari luar, jika diri Anda tidak berniat untuk menghindari menunda pekerjaan.

Mungkin di tengah-tengah proses perbaikan diri, akan terjadi penolakan dari diri Anda, karena Anda merasa sebenarnya menunda tidak selalu membuatmu merasa rugi. Hanya saja saat mendekati deadline, Anda akan selalu terburu-buru dan selama ini Anda tidak pernah terlambat.

Jauhi pemikiran tersebut, Anda memang cekatan jika selama ini deadline dari atasan selalu terpenuhi. Namun Anda tahu, jika tidak menunda, Anda memiliki hidup yang lebih produktif.

Buat jadwal tertulis

Dengan membuat jadwal tertulis, Anda bisa melihat timeline kerja secara keseluruhan, tidak terpaku pada satu hari. Sebaiknya Anda mempunyai kalender bulanan di meja, dan menuliskan pekerjaan di kalender tersebut, sehingga setiap Anda melihatnya Anda akan terus teringat akan pekerjaan Anda.

Buat deadline palsu

Dengan majunya deadline, seharusnya Anda terdorong untuk melakukan pekerjaan tersebut. Salah satu penyebab menunda pekerjaan adalah waktu deadline yang lama, sehingga Anda merasa memiliki banyak waktu sebelum mengerjakan hal tersebut.

Jika tiba-tiba ada pekerjaan dari atasan yang tidak terduga. Sehingga Anda tidak perlu panik, dan jika pekerjaan Anda belum terlalu sempurna, Anda bisa menyempurnakan pekerjaan, karena masih ada waktu. Setelah Anda menyelesaikan tugas sebelum deadline, pasti Anda akan merasa lebih puas.

Tidur yang cukup

Tidur tidak teratur dan kurang cukup akan berpengaruh pada konsentrasi Anda. Jika Anda telah mendapatkan istirahat yang cukup, maka Anda tidak akan ngantuk. Semakin kurang istirahat, maka fokus Anda akan cepat buyar dan kerja juga menjadi tidak optimal. Atur waktu Anda, jangan sampai waktu untuk kerja Anda lakukan untuk tidur, waktu tidur Anda gunakan untuk kerja.

Hindari sosial media

Pasti banyak yang kalau sudah bosen bekerja biasanya akan mulai menggunakan sosial media. Namun, yang jadi masalah ketika pemakaiannya tidak bisa berhenti, jadi akan terus berkelanjutan sehingga Anda bisa lupa waktu.

Semakin sering Anda pakai sosial media dan main game, pasti akan semakin sering Anda menunda pekerjaan. [azz]

Baca juga:
Survei IFC: Partisipasi Perempuan Punya Peran Penting untuk Kesuksesan Perusahaan
Baru Dapat Kerja, 5 Hal Ini Akan Sering Anda Temui di Kantor
Pesan Sederhana Warren Buffett Agar Sukses Dalam Jangka Waktu Lama
Tips Sukses Ketua IIKP: Kerja Harus Fokus Pada Tujuan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini