438 Jemaah Umrah dari Juanda ke Arab Saudi Gagal Berangkat

Kamis, 27 Februari 2020 18:20 Reporter : Erwin Yohanes
438 Jemaah Umrah dari Juanda ke Arab Saudi Gagal Berangkat Bandara Juanda. ©blogspot.com

Merdeka.com - Kebijakan Arab Saudi menghentikan sementara masuknya warga negara asing ke wilayahnya menuai dampak pada pemberangkatan jemaah umroh di wilayah Jawa Timur. Pada Kamis (27/2) ini, satu penerbangan pesawat Saudi Arabian Airlines yang seharusnya mengangkut jemaah umrah dari Bandara Juanda menuju Tanah Suci pun dibatalkan.

Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro membenarkan adanya pembatalan keberangkatan jemaah umrah dari Bandara Juanda, Sidoarjo. Namun dia juga menegaskan, bahwa satu pesawat yang mengangkut jemaah umrah, berhasil berangkat.

Untuk pesawat dengan jadwal pertama bernomor penerbangan SV 359, berhasil berangkat sekitar pukul 10.35 WIB. Jemaah yang berhasil terbang sebanyak 438 orang. Penerbangan ini mengangkut jemaah umrah dari Surabaya, menuju Bandara Jeddah.

Sementara untuk jadwal kedua, dengan nomor penerbangan SV3813, yang rencananya diterbangkan pada pukul 16.15 WIB, dibatalkan.

"Untuk (penerbangan bernomor) SV3813 yang dijadwalkan pukul 16:15 WIB status dibatalkan," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Terjadi Penumpukan Penumpang

penumpang rev1

Dia mengakui, akibat pembatalan keberangkatan itu sempat terjadi penumpukan penumpang di terminal keberangkatan Bandara Juanda. Namun, hal itu tidak berlangsung lama setelah pihak maskapai mensosialisasikan pembatalan tersebut.

Sementara itu, Kasi Pembinaan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim, Mahsun Zain turut menyikapi persoalan pembatalan keberangkatan para jemaah umroh ini.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, serta pihak maskapai. Hasilnya diketahui telah adanya jemaah yang diberangkatkan pada pukul 10.35 WIB. Sementara untuk yang jadwal pukul 16.15 WIB dibatalkan keberangkatannya.

"Satu pesawat sudah diberangkatkan. Tapi kita tidak tahu apakah nanti dikembalikan lagi setibanya di Saudi Arabia, atau enggak kami belum tahu. Saya juga masih menunggu info selanjutnya," tegasnya. [idr]

Baca juga:
Umrah Ditangguhkan, Jemaah WNI di Saudi Masih Bisa Ziarah ke Madinah
Menko PMK Gelar Rapat Bahas Pelarangan Umrah oleh Saudi
Menag Tanggapi Larangan Umrah Saudi: Keselamatan Jemaah Hal Utama
Menlu Upayakan WNI Terlanjur Mendarat di Saudi Diizinkan Umrah
Dubes RI untuk Saudi: Batas Waktu Penghentian Visa Umrah Belum Ditentukan
Arab Saudi Moratorium Umrah, Kakanwil Kemenag Yogya Tunggu Instruksi Pusat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini