Penyebab Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok, Sering Disepelekan dan Tak Terduga

Rabu, 10 Agustus 2022 10:34 Reporter : Kurnia Azizah
Penyebab Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok, Sering Disepelekan dan Tak Terduga 8 penyebab bibir hitam pada wanita. liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Merokok mungkin sudah menjadi hal yang umum sebagai penyebab bibir hitam. Namun penyebab bibir hitam bukan saja karena merokok tapi dari beberapa hal lain.

Sebagian orang mengalami bibir hitam atau menggelap dari waktu ke waktu karena berbagai faktor medis dan gaya hidup. Seperti warna kulit, warna bibir bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Dalam beberapa kasus, perubahan warna atau kondisi bibir dapat mengindikasikan bahwa bibir membutuhkan perawatan lebih. Tapi, penyebab bibir hitam itu jarang diperhatikan.

Merokok tembakau, stres, dampak obat, dan masalah medis, ini semua adalah penyebab bibir hitam yang umum terjadi. Dalam jangka pendek, ada sejumlah perawatan rumahan yang dapat membantu mencerahkan bibir.

Untuk lebih jelasnya, simak sejumlah penyebab bibir hitam padahal tidak merokok lengkap dengan solusi mencerahkannya lagi berikut ini, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (10/8).

2 dari 7 halaman

1. Paparan Sinar Matahari

8 penyebab bibir hitam pada wanita
liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Penyebab bibir hitam padahal tidak merokok yang pertama dan kerap terjadi adalah karena terpapar sinar matahari. Mengekspos kulit ke matahari memicu tubuh untuk membuat melanin untuk menyerap sinar ultraviolet.

Ada baiknya melindungi kulit dari beberapa kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Karena paparan berlebihan, menyebabkan kulit dan bibir menjadi cokelat.

Penting untuk memakai pelindung matahari di bibir, serta di tempat lain di tubuh. Lip balm dengan faktor perlindungan matahari 30 atau lebih tinggi dapat melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari. Penggunaan lip balm juga diyakini mampu mengatasi bibir hitam.

2. Kehamilan

Beberapa wanita mungkin mengalami perubahan kulit selama kehamilan, hal ini termasuk kondisi penyebab bibir hitam juga padahal tidak merokok. Karena di masa kehamilan, wanita mengalami perubahan kadar hormon dalam tubuh.

Melansir dari Medical News Today, area tubuh termasuk bibir, puting, dahi, pipi, dan hidung dapat mengembangkan bercak kulit yang lebih gelap. Tapi, area ini bisa kembali ke warna semula setelah masa kehamilan selesai.

Baca juga:

3 dari 7 halaman

3. Obat-obatan Tertentu

8 penyebab bibir hitam pada wanita
shutterstock.com ©2020 Merdeka.com

Penyebab bibir hitam padahal tidak merokok selanjutnya muncul akibat beberapa obat tertentu. Dikutip dari jurnal terbitan National Center for Biotechnology Information (NCBI), sejumlah obat dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

Obat yang disinyalir menyebabkan hiperpigmentasi termasuk obat antimalaria dan minocycline antibiotik oral.

Kulit bisa kembali ke warna semula setelah pengobatan selesai. Tapi untuk sebagian orang, hiperpigmentasi dapat bertahan.

4. Masalah Kesehatan

Penyebab bibir hitam padahal tidak merokok berikutnya adalah akibat masalah medis. Sejumlah masalah kesehatan ini dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Salah satu yang paling terkenal adalah penyakit Addison.

Biasanya, Addison adalah masalah dengan sistem kekebalan yang menghentikan kelenjar adrenal untuk membuat cukup hormon penting. Kondisi ini dapat menyebabkan bercak gelap pada kulit, bibir gelap, atau gusi gelap.

Gejala lain termasuk kekurangan energi, kelemahan, dan suasana hati atau mood yang rendah. Jika bibir Anda menggelap atau hitam, bahkan berwarna biru atau ungu, disertai kesulitan bernapas, Anda harus segera mencari perawatan medis.

Ini bisa menjadi tanda sianosis, suatu kondisi yang berkembang ketika tidak ada cukup oksigen dalam darah Anda.

4 dari 7 halaman

Penyebab Bibir Hitam Lainnya

ilustrasi bibir

©Shutterstock

Penggelapan bibir bisa jadi akibat hiperpigmentasi. Ini adalah kondisi yang biasanya tidak berbahaya yang disebabkan oleh kelebihan melanin di kulit bibir.

Mengutip dari Healthline, hiperpigmentasi bibir dapat disebabkan oleh:

  • paparan sinar matahari yang berlebihan
  • kekurangan hidrasi
  • merokok
  • reaksi alergi terhadap pasta gigi, lipstik, dan produk lainnya.
  • terlalu banyak kafein
  • sering mengisap bibir

Sebagian besar penyebab ini dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup, seperti memakai tabir surya, membatasi asupan kafein, atau mengganti merek pasta gigi. Berikut ini juga dapat menyebabkan bibir lebih gelap:

  • kemoterapi
  • anemia
  • kekurangan vitamin
  • penggunaan fluoride yang berlebihan

Baca juga:

5 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Penyebab Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok

Pengobatan rumahan merupakan cara yang aman dan efektif dalam mencerahkan bibir yang menggelap atau bibir hitam. Memiliki kulit kering di bibir dapat membuatnya tampak lebih gelap atau kusam.

ilustrasi bibir

©Shutterstock

Berikut ini sejumlah pengobatan rumahan sederhana yang membantu menjaga bibir tetap terlihat cerah dan terasa sehat:

1. Gunakan Scrub Madu

Mengeksfoliasi bibir dengan lembut dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Berikut cara membuat scrub madu ala rumahan yang patut dicoba:

  • Campurkan 1 sendok teh (sdt) madu dan 1 sdt gula.
  • Gosok perlahan campuran tersebut ke bibir menggunakan gerakan melingkar kecil.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat.

Pengelupasan kulit terlalu sering dapat menyebabkan iritasi dan sensitivitas. Karena kulit di bibir halus, orang harus melakukan eksfoliasi cukup sekali seminggu.

2. Oles Perasan Lemon dan Kulit Jeruk

Dilansir dari jurnal di Biological and Pharmaceutical Bulletin, kulit buah jeruk dapat bertindak sebagai inhibitor melanin. Setiap malam sebelum tidur, potong lemon dan gosok lembut bibir dengan perasan air lemon atau bagian berair dari kulit jeruk.

Keesokan paginya, bilas bibir Anda dengan air dingin. Ulangi rutinitas ini setiap malam sampai Anda melihat hasilnya. Mungkin butuh waktu lebih dari 30 hari. Tapi cara ini aman dan layak dicoba.

Lemon mungkin memiliki beberapa efek pengelupasan kulit karena mengandung asam sitrat. Asam ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Pastikan bibir tidak ada luka atau iritasi sebelum menggunakan lemon.

6 dari 7 halaman

3. Membuat Lip Balm Sendiri

ilustrasi bibir merah

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/petrunjela

Menggunakan lip balm secara teratur dapat membantu bibir tetap lembab dan sehat. Jika Anda merasa khawatir menggunakan produk industri, tak ada salahnya untuk mencoba membuat pelembab bibir sendiri ala rumahan dengan bahan alami, seperti berikut:

  • Tempatkan 1 sendok makan (sdm) lilin lebah dalam mangkuk microwave.
  • Panaskan dalam microwave dengan daya tinggi selama 45 detik.
  • Tambahkan 1 sdm minyak kelapa ke mangkuk dan panaskan di microwave selama 45 detik.
  • Keluarkan. Lanjutkan lagi di microwave campuran tadi dengan daya tinggi selama 30 detik sampai semua bahan meleleh.
  • Tambahkan 3 tetes minyak esensial peppermint dan panaskan lagi selama 15 detik.
  • Tuang campuran ke dalam cetakan atau tabung kecil.
  • Biarkan selama 5 menit hingga dingin dan menjadi padat.
  • Simpan lip balm di tempat yang sejuk agar tidak meleleh.

4. Pasta Kunyit

Menurut sebuah studi kunyit dapat bertindak sebagai inhibitor melanin. Berikut cara mencerahkan bibir hitam:

  • Campur jadi satu 1 sendok makan susu dengan bubuk kunyit secukupnya untuk membuat pasta.
  • Dengan ujung jari yang basah, gosokkan pasta pada bibir Anda.
  • Biarkan selama sekitar lima menit sebelum membilasnya dengan air dingin.
  • Setelah mengering, bilas dan oleskan pelembab favorit Anda.

Baca juga:

7 dari 7 halaman

5. Buah Delima

ilustrasi bibir merah
©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Subbotina Anna

Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak buah delima dapat meringankan hiperpigmentasi kulit. Untuk mengatasi penyebab bibir hitam padahal tidak merokok bisa dengan campurkan bahan berikut menjadi pasta:

  • 1 sendok makan buah delima
  • 1 sendok teh air mawar
  • 1 sendok makan krim susu segar
  • Pijat lembut pasta ke bibir Anda selama sekitar tiga menit, lalu bilas bibir Anda dengan air dingin. Ulangi setiap hari.

Obat alami lainnya yang bisa dijadikan untuk mengatasi penyebab bibir hitam padahal tidak merokok adalah:

  • Minyak kelapa. Gunakan ujung jari Anda, ambil sedikit minyak kelapa dan oleskan dengan lembut ke seluruh bibir. Anda dapat melakukan ini beberapa kali di siang hari dan juga sebelum tidur di malam hari.
  • Air mawar. Campurkan dua tetes air mawar dengan enam tetes madu. Oleskan campuran ini ke bibir Anda tiga hingga empat kali sehari. Anda juga bisa mengoleskan campuran ini sebelum tidur di malam hari.
  • Minyak zaitun. Sebelum tidur, pijat bibir dengan beberapa tetes minyak zaitun.
  • Jus timun. Dalam blender, jus setengah mentimun. Dinginkan jus di lemari es atau tuang di cetakan es batu. Setelah dingin, celupkan bola kapas ke dalamnya dan gunakan bola kapas untuk mengoleskan jus dengan lembut ke bibir Anda. Biarkan jus mentimun di bibir selama sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.
  • Stroberi. Buat pasta dengan mencampurkan lima buah stroberi berukuran sedang yang dihancurkan dan 2 sendok teh soda kue. Oleskan pasta ini dengan lembut ke bibir Anda sebelum tidur, lalu bilas dengan air dingin keesokan paginya.
  • Bubuk almond. Dalam mangkuk kecil, campurkan 1 sendok makan krim susu segar dan bubuk almond secukupnya untuk membuat pasta. Pijat pasta ke bibir Anda selama tiga sampai lima menit. Biarkan mengering selama sekitar lima menit. Bilas bibir Anda dengan air hangat. Ulangi proses ini setiap hari.
  • Minyak almond. Setiap malam sebelum tidur, pijat satu atau dua tetes minyak almond ke bibir Anda.
  • Gula pasir. Campurkan 3 sendok teh gula dan 2 sendok teh mentega. Tiga kali seminggu, pijat campuran ini ke bibir Anda selama tiga sampai empat menit. Jika suka, Anda bisa mengganti minyak zaitun dengan mentega.
  • Buah bit. Menggunakan food processor atau blender, giling bit menjadi pasta halus. Dua kali seminggu, oleskan pasta bit ke bibir Anda. Biarkan selama 5 sampai 10 menit, lalu bilas. Setelah bibir Anda bersih dan kering, oleskan lapisan tipis petroleum jelly.

Itulah beberapa penyebab bibir hitam padahal tidak merokok yang patut diketahui. Sekaligus cara mencerahkan bibir secara alami dan aman. Selamat mencoba.

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini