Niat Mandi Wajib Haid dan Caranya, Wanita Jangan Sampai Salah

Kamis, 15 April 2021 10:47 Reporter : Mutia Anggraini
Niat Mandi Wajib Haid dan Caranya, Wanita Jangan Sampai Salah Ilustrasi tata cara mandi wajib. © Pexels

Merdeka.com - Mandi wajib merupakan sebuah perintah dari Allah SWT yang diturunkan melalui firman-Nya. Mandi wajib atau yang seringkali disebut juga mandi junub ini memiliki sejumlah penyebab. Salah satu di antaranya yakni wanita yang sedang mengalami haid atau menstruasi.

Seperti yang telah diketahui, setiap bulan wanita harus mengalami haid sebagai akibat dari sistem reproduksi yang berfungsi normal. Meski wajar, namun dalam agama Islam, darah haid tersebut tergolong hadas besar. Haid memiliki kategori hadas yang sama halnya dengan nifas dan jimak atau berhubungan suami istri.

Setelah haid selesai, para wanita diperintahkan untuk mandi wajib. Hal ini tak lain untuk menyucikan diri dari hadas besar sehingga para muslimah dapat melanjutkan ibadah sesuai dengan perintah Allah SWT seperti salat fardu, berpuasa, dan lain sebagainya. Mengingat saat haid, wanita dilarang untuk melakukan sejumlah ibadah wajib.

Maka dari itu, wajib bagi para kaum muslimin untuk mengetahui bacaan niat mandi wajib haid hingga tata caranya yang benar. Berikut ini adalah panduan mengenai bacaan niat mandi wajib haid beserta tata caranya yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Selanjutnya: Hukum Mandi Wajib Haid...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini