Manfaat Belimbing Wuluh untuk Rambut Rontok dan Masalah Lain, Baik untuk Kulit Kepala

Kamis, 10 Maret 2022 08:28 Reporter : Kurnia Azizah
Manfaat Belimbing Wuluh untuk Rambut Rontok dan Masalah Lain, Baik untuk Kulit Kepala belimbing wuluh. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Buah belimbing wuluh atau yang secara ilmiah disebut Averrhoa bilimbi adalah buah yang populer di sejumlah negara Asia Tenggara. Selain aroma yang menyegarkan dan rasanya yang asam, manfaat belimbing wuluh untuk rambut seakan tak diragukan lagi, seperti mengatasi kerontokan, berketombe, hingga berkutu.

Selain manfaat belimbing wuluh untuk rambut dan kulit kepala, bahkan buah ini memberikan banyak khasiat bagi kesehatan. Termasuk di antaranya mengatasi diabetes, mengobati hipertensi, detoksifikasi tubuh, menyembuhkan ambeien, menguatkan tulang, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, serta mencegah risiko berbagai jenis kanker.

Perlu diketahui, buah belimbing wuluh terasa asam karena kandungan asam oksalatnya yang tinggi. Karena dianggap terlalu asam untuk dimakan mentah, buah ini biasanya digunakan dalam masakan, seperti salad, sup ikan, dan kari. Tingkat keasaman yang tinggi memberikan rasa yang menyegarkan pada masakan. Sementara itu, karena sifat asamnya yang tinggi manfaat belimbing wuluh kerap digunakan dalam pengobatan tradisional di seluruh Asia.

Manfaat belimbing wuluh untuk rambut dan kesehatan tubuh berasal dari profil nutrisi yang mengesankan. Selain komponen penting mendasar seperti karbohidrat, serat, protein, buah ini mengandung banyak vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi, flavonoid, tanin dan terpen.

Bahkan bagian daun, bunga dan buah belimbing wuluh merupakan bagian yang sering dimanfaatkan sebagai tanaman herbal untuk pengobatan. Daunnya dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut, gondok (parotitis), dan rematik. Sedangkan bunganya untuk mengobati batuk dan sariawan (stomatitis).

Untuk lebih jelasnya, simak mengenai manfaat belimbing wuluh untuk rambut dan mengatasi masalah kulit kepala lainnya berikut ini, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (10/3).

2 dari 7 halaman

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing Wuluh

ilustrasi belimbing wuluh
©Creative Commons

Buah belimbing wuluh mengandung sebagian besar nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Manfaat belimbing wuluh untuk rambut berasal kandungan seperti Vitamin, Mineral dan komponen lain. Diantaranya beberapa vitamin yang belimbing wuluh miliki adalah Vitamin C, Vitamin A, Folat, Tiamin, Niasin, Asam Pantotenat dan Kolin.

Belimbing wuluh juga mengandung asam lemak Omega 3, asam lemak Omega 6, serat makanan, natrium dan kalium, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ditambah lagi kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, mangan, selenium, fosfor, besi, protein, seng dan tembaga.

Berikut nilai gizi dari 100 gram buah belimbing wuluh seperti dilansir dari Dr Health Benefits:

  • Moisture 94.2-94.7 gram
  • Protein 0,61 gram 1,22%
  • Serat 0,6 gram 2,4%
  • Fosfor 11,1 mg 1,11 %
  • Kalsium 3,4 mg 3,4%
  • Besi 1,01 mg 5,61%
  • Tiamin (Vit B1) 0,010 mg 0,66 %
  • Riboflavin (Vit B2) 0,026 mg 1,529 %
  • Karoten (Vit A) 0,035 mg 1,16 %
  • Asam Askorbat (Vit C) 15,5 mg 25,83 %
  • Niasin (Vit B3) 0,302 mg 1,51 %

Tanaman belimbing wuluh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari buah, daun, hingga batang mudanya. Buah belimbing wuluh mengandung antioksidan dan memiliki efek astringen karena kandungan asamnya yang tinggi. Alhasil, inilah manfaat belimbing wuluh untuk rambut dan mengatasi masalah lain yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Baca juga:
Pengertian Depresi Menurut Para Ahli Psikologi, Pahami Gejalanya

3 dari 7 halaman

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Rambut

ilustrasi rambut rontok
©2019 Shutterstock

Mengatasi Rambut Rontok

Melansir dari Style Craze, manfaat belimbing wuluh untuk rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Manfaat belimbing wuluh untuk rambut rontok seakan sudah tak asing lagi para penikmat tanaman herbal. Hal ini dikarenakan belimbing wuluh kaya akan vitamin C, yang berperan sebagai antioksidan.

Kandungan ini juga yang membuat buah asam ini dapat membantu proses mencegah penuaan dini secara alami. Berkat vitamin C, akar rambut akan ternutrisi. Sehingga menjadikan rambut tidak mudah rontok.

Selain vitamin C, terdapat kandungan vitamin B kompleks yang ada di dalam buah belimbing wuluh yang memberi nutrisi penting. Vitamin ini membantu pertumbuhan rambut baru, sehingga rambut tetap kuat dan sehat.

Sejumlah kandungan nutrisi lainnya dianggap ikut berperan penting untuk mengatasi masalah rambut rontok ini. Karena tubuh Anda turut ditunjang nutrisinya. Untuk mendapatkan manfaat belimbing wuluh untuk rambut rontok ini bisa dengan mengonsumsi buahnya maupun menggunakannya sebagai perawatan seperti masker.

Baca juga:
Pengertian Depresi Menurut Para Ahli Psikologi, Pahami Gejalanya

4 dari 7 halaman

Mengatasi Masalah Ketombe

011 tantri setyorini
©Shutterstock

Tak sedikit yang mungkin merasa jengkel dengan adanya masalah ketombe. Selain membuat rasa gatal, ketombe kerap kali membuat penampilan kita menjadi tidak maksimal dan tentunya membuat malu. Biasanya ketombe berlebihan ini muncul karena produk perawatan rambut yang tidak sesuai.

Contohnya pemilihan sampo yang kurang tepat, akan menjadikan kulit kepala kering dan terkelupas akibat minyak berlebih. Selain itu disebabkan berkembang biaknya Jamur Malassezia sp di kulit kepala orang dewasa. Kulit berminyak yang mengalami iritasi (dermatitis seboroik). Meski tak berbahaya, tapi jika terlalu lama diabaikan dan terjadi secara berulang dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Manfaat buah belimbing untuk rambut adalah solusi ampuh, alternatif obat alami untuk menghilangkan ketombe. Anda bisa mendapatkan khasiatnya tanpa khawatir risiko yang ditimbulkan. Cara mengaplikasikannya pun sama dengan yang lain, yang nantinya dijelaskan di akhir.

5 dari 7 halaman

Membasmi Kutu

ilustrasi kutu rambut
ilustrasi kutu ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Lightspring

Manfaat belimbing wuluh untuk rambut selanjutnya adalah membasmi kutu. Gejala paling umum yang bisa dirasakan jika terjangkit kutu rambut adalah rasa gatal di kulit kepala. Lalu perasaan ada benda yang tengah bergerak di sekitar rambut dan kulit kepala.

Kutu rambut adalah serangga berwarna cokelat keabu-abuan seukuran biji stroberi. Serangga ini akan menghisap darah manusia dari kulit kepala. Seseorang bisa terjangkit kutu rambut akibat kontak dengan kepala orang lain yang memiliki kutu rambut. Berbeda dengan anggapan masyarakat bahwa kutu muncul akibat buruknya kebersihan rambut dan kulit kepala, atau akibat tertular dari hewan peliharaan.

Persoalan hama yang tinggal di rambut ini tentu sangat menganggu kenyamanan dan rasa percaya diri. Lantaran kutu rambut bertahan hidup dengan menghisap darah dan membuat gatal berlebih, tentu harus dibasmi. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengambil manfaat belimbing wuluh untuk rambut ini.

Cara ini dinilai ampuh karena kutu rambut akan teracuni oleh air belimbing wuluh. Langkah mudah dan sederhananya, Anda bisa menggosokkan belimbing wuluh ke kulit kepala secara teratur. Sehingga kutu rambut yang bersarang akan tertindas.

6 dari 7 halaman

Mengatasi Rambut Berminyak

ilustrasi rambut berminyak
©Shutterstock.com/ Sheftsoff

Manfaat belimbing wuluh untuk rambut selanjutnya adalah mengatasi kulit kepala dan rambut yang berminyak. Belimbing wuluh dikenal sebagai obat alami dan ampuh untuk mengembalikan rambut sehat seperti sediakala.

Apalagi cara ini baik daripada memperburuk keadaan kulit kepala dengan beragam bahan kimia yang ada di sejumlah produk perawatan.

Risiko menggunakan bahan alami seperti belimbing wuluh pun masih bisa dimaklumi dan tidak setinggi efek samping dari produk yang mengandung bahan kimia.

Cara mendapatkan manfaat belimbing wuluh untuk rambut ini juga sama dengan yang lain. Terbilang praktis dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Kunci utamanya adalah teratur mengaplikasikan jus belimbing wuluh ke rambut dan kulit kepala, serta mengonsumsinya setiap hari.

Baca juga:
Pengertian Depresi Menurut Para Ahli Psikologi, Pahami Gejalanya

7 dari 7 halaman

Cara Mendapatkan Manfaat Belimbing Wuluh untuk Rambut

ilustrasi belimbing wuluh

©Tantri Setyorini

Agar mendapatkan manfaat belimbing wuluh untuk rambut caranya cukup mudah dan sederhana, Berikut langkah singkatnya:

  • Siapkan secukupnya buah belimbing wuluh yang sudah cukup matang.
  • Lalu blender belimbing wuluh sampai halus.
  • Oleskan belimbing wuluh ke kulit kepala dan rambut secara merata.
  • Pijat kulit kepala dan rambut secara perlahan.
  • Bungkus rambut menggunakan handuk dan diamkan selama sekira 30 menit.
  • Terakhir, bilas atau keramasi rambut seperti biasa. Lakukan perawatan ini minimal 2 kali seminggu.

Ramuan di atas juga bisa Anda tambahkan dengan satu sendok makan madu, agar nutrisinya kian lengkap. Manfaat belimbing wuluh untuk rambut pun akan bekerja lebih efektif. Anda juga bisa menutrisi rambut dari dalam dengan mengonsumsi belimbing paling tidak 2 buah per hari.

Tidak hanya mendapatkan manfaat belimbing wuluh untuk rambut, tapi juga kulit cantik yang ternutrisi. Bahkan jus belimbing wuluh bisa dijadikan sebagai masker untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak.

Baca juga:
Pengertian Depresi Menurut Para Ahli Psikologi, Pahami Gejalanya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini