Jangan Kaget, Ini Jumlah Gaji WNI yang Bekerja di Amerika Bikin Geleng-geleng

Selasa, 10 Maret 2020 12:28 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Jangan Kaget, Ini Jumlah Gaji WNI yang Bekerja di Amerika Bikin Geleng-geleng ilustrasi uang. www.usatoday.com

Merdeka.com - Setelah menempuh pendidikan, tentu saja setiap orang ingin memiliki pekerjaan yang mapan. Tak sedikit juga yang tidak mempermasalahkan lokasi tempat dia akan bekerja nantinya.

Bahkan ada yang rela terbang jauh ke Amerika Serikat hanya untuk mencari pundi-pundi rupiah. Lantas, seberapa banyak gaji WNI yang memilih bekerja di Amerika Serikat. Sebagai informasi, upah minimum pekerja di Amerika Serikat juga berbeda-beda di setiap negara bagiannya.

Simak ulasan informasi yang dilansir dari akun YouTube Andri Indonesia berikut ini.

1 dari 9 halaman

Cuci Piring

Melansir dari akun YouTube Andri Indonesia yang bertajuk 'Buka bukaan GAJI KERJA DI AMERIKA | COD 8' terungkap gaji para pekerja di beberapa bidang di Amerika Serikat. Pekerjaan pertama yang dibahas yakni cuci piring di sebuah restoran.

gaji wni yang bekerja di amerika serikat

YouTube @Andri Indonesia 2020 Merdeka.com

Untuk satu minggu, para pekerja bisa mendapatkan upah sekitar US$336 atau Rp4,8 juta. Sementara, untuk satu bulannya para pekerja bisa mengumpulkan uang sekitar US$1344 atau setara dengan Rp19,2 juta. Angka tersebut belum termasuk pajak yang harus dikeluarkan oleh para pekerja.

2 dari 9 halaman

Pelayan Kedai Cepat Saji

Selanjutnya, pelayan di salah satu kedai cepat saji. Dalam satu minggu, para pekerja ini akan bekerja selama 40 jam. Berbeda dari sebelumnya, Jonathan, salah satu pelayan di kedai cepat saji Amerika Serikat akan menerima gaji setiap dua minggu sekali.

gaji wni yang bekerja di amerika serikat

YouTube @Andri Indonesia 2020 Merdeka.com

Untuk setiap minggunya, Jonathan akan mendapatkan upah US500an atau setara dengan Rp7,1 juta. Angka ini berbeda dari gaji yang diterima oleh Jonathan sebelumnya. Lantaran, dulu dia bisa mendapatkan gaji sekitar US$600an atau setara dengan Rp8,5 juta. Jadi untuk setiap bulannya, dia bisa mendapatkan gaji sekitar US$1300 atau Rp18,2 juta.


3 dari 9 halaman

Reporter Magang

Berbeda lagi jika bekerja sebagai reporter magang. Untuk setiap jam-nya, si pekerja akan digaji sekitar US$25-30 atau Rp350-429 ribu. Sedangkan, setiap bulan dengan jam kerja 40 jam per minggu reporter magang bisa mendapatkan gaji kotor sekitar US$4800 atau setara dengan Rp68,6 juta.

gaji wni yang bekerja di amerika serikat

YouTube @Andri Indonesia 2020 Merdeka.com

Angka tersebut tentu belum termasuk pajak, biaya hidup dan makan sehari-hari. Taris, salah satu reporter magang mengungkapkan penghasilannya selama satu bulan. Dengan pajak US$800, tempat tinggal US$750 dan makan sehari-hari US$2000, Taris nantinya masih memiliki uang sekitar US$1250 atau setara dengan Rp17,5 juta.

4 dari 9 halaman

Pekerja Food Court Mall

Beralih ke pekerja food court mall di Amerika Serikat. Untuk setiap bulannya, para pekerja akan mendapatkan upah sekitar US$2000 atau setara dengan Rp28 juta.

gaji wni yang bekerja di amerika serikat

YouTube @Andri Indonesia 2020 Merdeka.com

Rizal, salah satu pekerja food court di salah satu mall mengungkapkan keuntungan apa saja yang didapatkannya selama bekerja. Di luar gaji yang diterimanya, Rizal juga mendapatkan transportasi, makan, dan tempat tinggal.

5 dari 9 halaman

Waitress Restoran Berbintang

Menengok gaji yang diperoleh waitress atau pelayan restoran berbintang di New York City. Menurut Agnes, salah satu waitress di restoran berbintang, untuk gaji per jam hanya mendapatkan US$10 atau setara dengan Rp143 ribu. Tetapi, pemasukan tidak hanya datang dari gaji pokok saja.

gaji wni yang bekerja di amerika serikat

YouTube @Andri Indonesia 2020 Merdeka.com

Mereka juga kerap mendapatkan tips. Di tempat kerja Agnes, tips makan siang lebih kecil dibanding tips makan malamnya. Untuk, tips makan siang biasanya bisa mendapatkan di atas US$50 sampai US$150 atau Rp717 ribu hingga Rp2,1 juta. Sedangkan, tips makan malam Agnes bisa mendapatkan uang hingga US$300 atau Rp4,3 juta dalam satu hari.

Jadi, setiap bulannya dia mendapatkan upah sekitar US$3000 atau setara dengan Rp42 juta. Angka tersebut belum dipotong dengan pajak. Di New York City sendiri ada banyak pajak, terhitung paling tidak lima jenis pajak yang harus dibayarkan.

6 dari 9 halaman

Pengasuh Anak (Nanny)

Kemudian gaji menjadi seorang pengasuh anak atau nanny di Amerika Serikat. Seperti dikatakan sebelumnya, rata-rata gaji pekerja akan berbeda-beda di setiap negara bagiannya. Misalnya seperti pada Mbak ii, salah satu pengasuh anak di Virginia.

gaji wni yang bekerja di amerika serikat

YouTube @Andri Indonesia 2020 Merdeka.com

Untuk satu bulannya, mbak ii bisa mendapatkan gaji sekitar US$2000 atau setara dengan Rp28,7 juta. Wanita berhijab ini mengungkapkan angka tersebut tidak termasuk uang lembur. Gaji lembur biasanya 150 persen dari gaji per jam.

Tak hanya itu, gaji yang diperoleh mbak ii tersebut merupakan gaji bersih. Biaya hidup, makan dan lain-lain rupanya sudah ditanggung.

7 dari 9 halaman

Sopir Transportasi Online

Berbeda lagi dengan sopir transportasi online. Menurut Andee razkal, salah satu sopir uber di Amerika Serikat untuk uber memberikan gaji ke pekerja berdasarkan klasifikasinya. Bagi seorang pemula yang masih di level biru, jika sedang ramai penumpang bisa mendapatkan upah kotor sekitar US$150 atau Rp2,1 juta per hari.

gaji wni yang bekerja di amerika serikat

YouTube @Andri Indonesia 2020 Merdeka.com

Sementara bagi sopir yang sudah profesional, per minggunya mereka bisa mendapatkan upah kotor sekitar US$700 atau setara dengan Rp10 juta. Itu merupakan angka minimal yang didapatkannya. Untuk satu harinya, mereka bisa mendapatkan sekitar US$250 atau Rp3,5 juta.

8 dari 9 halaman

Barista

Selanjutnya, ada informasi mengenai gaji seorang barista di San Francisco, Amerika Serikat. Felix, salah satu barista di sana mengungkapkan upah yang diterimanya setiap bulan.

gaji wni yang bekerja di amerika serikat

YouTube @Andri Indonesia 2020 Merdeka.com

Untuk setiap bulannya, Felix mendapatkan upah sekitar US$1186 atau setara dengan Rp17 juta. Angka tersebut nantinya dikalikan dua untuk gaji setiap bulan. Jadi, Felix mendapatkan aji bersih sekitar Rp33,2 juta.

9 dari 9 halaman

Tukang Nasi Goreng

Terakhir ada informasi gaji tukang nasi goreng di Amerika Serikat. Kerja selama 40 jam tiap minggu nantinya akan mendapatkan gaji sekitar US$2100 atau setara dengan Rp30,1 juta per dua minggu. Angka tersebut sudah termasuk tips yang diberikan sekitar US$700 atau Rp10 juta.

gaji wni yang bekerja di amerika serikat

YouTube @Andri Indonesia 2020 Merdeka.com

Melansir dari akun YouTube Andri Indonesia, gaji yang diperolehnya tersebut juga harus dipotong dengan pajak. Untuk setiap bulan Andri harus membayar sekitar US$550 atau Rp7,8 juta. Jika dihitung gaji bersihnya, Andri bisa mendapatkan uang sekitar US$3200 atau Rp45,9 juta per bulan.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini