Detik-Detik Helikopter yang Ditumpangi Kepala BNPB Kecelakaan

Senin, 6 Januari 2020 20:15 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Detik-Detik Helikopter yang Ditumpangi Kepala BNPB Kecelakaan Helikopter jenis Mi-35P Noreg. ©2020 Merdeka.com/Metrotv

Merdeka.com - Pesawat Helikopter yang ditumpangi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat Letjen TNI Doni Monardo sempat mengalami kecelakaan. Helikopter jenis Mi-35P Noreg HS-7154 itu gagal terbang.

Kejadian kecelakaan terjadi pada pukul 11.52 Wita di Lapangan Gesit Kelurahan Sawangbendar Kecamatan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe, Senin (6/1). Berikut kronologinya dan beberapa foto detik-detik kecelakaan helikopter seperti dikutip dari MetroTV:

1 dari 5 halaman

Kronologis Kejadian

helikopter jenis mi 35p noreg

2020 Merdeka.com/Metrotv

- Pada pukul 11.30 Wita Kepala BNPB Pusat Letjen TNI Doni Monardo bersama Rombongan tiba di Lapangan Gesit Kelurahan Sawangbendar Kecamatan Tahuna Kabupaten Kepl. Sangihe setelah selesai memberikan sambutan di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Sangihe

- Pukul 11.35 Wita mesin Pesawat Helikopter dengan Pilot Kapten Cpn Faris Affandi dan Copilot Lettu Cpn Erika dihidupkan.

- Pukul 11.40 Wita Kepala BNPB Pusat Letjen TNI Doni Monardo bersama Rombongan naik ke Pesawat Helikopter.

2 dari 5 halaman

Penyebab Helikopter Tak Kuat Naik

helikopter jenis mi 35p noreg

2020 Merdeka.com/Metrotv



Pada pukul 11.50 WitaPesawat Helikopter lepas landas tujuan Siau Kab. Sitaro namun Pesawat Helikopter tidak ada power untuk naik dan hanya terbang rendah tiba-tiba menukik mundur sehingga bagian ujung dari sayap kiri Pesawat Helikopter mengait bagian depan mobil dinas Palaksa Lanal Tahuna Letkol Laut (P) Christian jenis Suzuki Ertiga warna biru Noreg 6304-VIII yang diparkir di pinggir kanan Lapangan Gesit dan mengangkatnya setinggi kurang lebih 5 meter selama 3 menit kemudian mobil dinas tersebut terlepas dan jatuh ke tanah yang diikuti dengan jatuhnya tangki cadangan aftur di sayap kiri dan menimpa bagian belakang mobil dinas Pemda Sangihe jenisbToyota Rush Nopol DL 1470 A

3 dari 5 halaman

Ada Angin Kencang

helikopter jenis mi 35p noreg

2020 Merdeka.com/Metrotv



Dugaan sementara dari Pilot Helikopter Kapten Cpn Faris Affandi bahwa Pesawat Helikopter tidak bisa naik karena tidak ada power untuk mengangkat Pesawat yang diakibatkan oleh adanya perubahan cuaca tiba-tiba berhembus angin kencang.

4 dari 5 halaman

Tidak Ada Korban Jiwa

helikopter jenis mi 35p noreg

2020 Merdeka.com/Metrotv



Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun ada kerugian materiil.

Helikopter jenis Mi-35P Noreg HS-7154 pada sayap kiri bagian ujung mengalami rusak dan tengki aftur cadangan sebelah kiri lepas dan rusak. Sedangkan mobil dinas Lanal Tahuna jenis Suzuki Ertiga warna biru Noreg 6304-VIII rusak berat pada bagian depan, bodi samping kiri dan bagian belakang.

Selain itu, mobil Dinas Pemerintah Kabupaten Kepl. Sangihe jenis Toyota Rush Nopol DL 1470 A juga rusak bagian belakang.

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo bersyukur tidak sampai terjadi kecelakaan yang menimbulkan korban dalam peristiwa ini. Dia pun memutuskan untuk menunda penerbangan.

"Kami bersyukur tidak ada korban jiwa," ujar Doni saat turun dari helikopter, dikutip dari Antara.

5 dari 5 halaman

Cuaca Tidak Menentu

helikopter jenis mi 35p noreg

2020 Merdeka.com/Metrotv



Cuaca di Wilayah Kab. Kepl. Sangihe tidak menentu sehingga kemungkinan menjadi penyebab pesawat Helikopter jenis Mi-35P Noreg HS-7154mengalami insiden kecelakaan.

[has]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. BNPB
  3. Kecelakaan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini