Apa itu Zodiak, Ini Pengertiannya Lengkap dengan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Selasa, 24 Mei 2022 13:01 Reporter : Billy Adytya
Apa itu Zodiak, Ini Pengertiannya Lengkap dengan Fungsinya yang Perlu Diketahui Ilustrasi zodiak. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Apa itu Zodiak? Zodiak juga dikenal dan familiar dengan sebutan astrologi. Zodiak sendiri sebenarnya sebuah ramalan yang berasal dari Yunani dengan arti lingkaran hewan.

Banyak sekali masyarakat yang penasaran dan bertanya tentang arti Zodiak lantaran ramalan yang kerap diungkap. Ramalan zodiak juga dulu pernah merajai beberapa acara TV hingga tabloit di Indonesia.

Fenomena ini merupakan hal yang tak lagi tabu, karena ilmu astrologi memang dipelajari sejak dahulu kala. Ramalan demi ramalan Zodiak akhirnya diyakini sebagai salah satu metode mempelajari kekuatan dinamis dan kelemahannya ketika seseorang menjalani kehidupan.

Dirangkum dari beragam sumber, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai apa itu Zodiak dan beberapa fungsinya.

2 dari 9 halaman

Apa itu Zodiak?

Istilah Zodiak merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilalui oleh sabuk khayal di langit dengan jumlah 13. Konsep Zodiak diyakini berasal dari peradaban Lembah Sungai Eufrat dan memiliki sebanyak 6 rasi.

Rasi-rasi tersebut antara lain adalah Capricornus, Pisces, Taurus, Cancer, Virgo, dan Scorpio. Kemudian 6 rasi ini dipecah lagi menjadi 12 lantaran adanya penampakan 12 kali bulan purnama pada sabuk.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Zodiak ialah lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi dua belas tanda perbintangan, mulai dari Aries, Taurus, Kanser, Gemini, Leo, Virgo, Libra, Skorpio, Sagitarius, Kaprikornus, Akuarius serta Pises.

Perlu diketahui jika garis ekliptika ini adalah lingkaran atau garis khayal yang ada di bola langit. Terdapat sebanyak 13 Zodiak yang sangat dianggap spesial karena berada di daerah langit yang memotong ekliptika.

3 dari 9 halaman

Fungsi Zodiak

Zodiak mempunyai kaitan dengan astrologi atau ilmu yang bisa menghubungkan antara gerakan benda di tata surya mulai dari planet, bulan serta matahari dengan karakter atau nasib manusia. Hal ini membuat ramalan pun bisa dilihat berdasarkan Zodiak setiap orang.

Ramalan astrologi didasarkan pada kedudukan benda tata surya di dalam Zodiak. Tiap individu menyandang tanda Zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam tanggal kelahirannya.

Bangsa Cina, Mesopotamia, Lembah Indus, Mesir menggunakan zodiak untuk memprediksikan karakter atau pribadi seseorang. Maka dari itu, hingga saat ini zodiak diyakini sebagai metode guna meningkatkan kesadaran diri, mengajarkan orang agar bisa hidup harmonis dengan alam semesta, memahami potensi yang dimiliki dan masih banyak hal positif lainnya .

4 dari 9 halaman

Karakter Tiap zodiak

1. Aquarius dengan simbol Pembawa Air

20 Januari - 18 Februari

Elemen: Udara

Penguasa: Uranus

Kompatibilitas Terbaik: Leo, Sagitarius

Kekuatan karakter zodiak Aquarius adalah progresif, original dan mandiri. Kelemahan dari karakter zodiak ini kurang bisa mengekspresikan perasaan ekspresi emosional.

2. Pisces dengan simbol Ikan

19 Februari - 20 Maret

Elemen: Air

Penguasa: Neptunus

Kompatibilitas Terbaik: Virgo, Taurus

Kekuatan karakter zodiak Pisces adalah berbelas kasih dan intuitif. Kelemahan dari karakter zodiak ini keinginan untuk keluar dari kenyataan dan mengasihani diri sendiri.

5 dari 9 halaman

3. Aries dengan simbol Domba Jantan

21 Maret - 19 April

Elemen: Api

Penguasa: Mars

Kompatibilitas Terbaik: Libra, Leo

Kekuatan karakter zodiak Aries adalah berani dan bersemangat. Kelemahan dari karakter zodiak ini tidak sabaran dan agresif. Aries adalah tanda pertama zodiak, mereka biasanya yang pertama mengambil tindakan dalam situasi.

4. Taurus dengan simbol Banteng

20 April - 20 Mei

Elemen: Bumi

Penguasa: Venus

Kompatibilitas Terbaik: Cancer, Scorpio

Kekuatan karakter zodiak Taurus adalah bisa diandalkan dan setia. Kelemahan karakter zodiak ini adalah keras kepala dan posesif. Karena Taurus adalah tanda Bumi, mereka dapat melihat kehidupan dari perspektif yang realistis dan membumi.

6 dari 9 halaman

5. Gemini dengan Simbol Si Kembar

21 Mei - 20 Juni

Elemen: Udara

Penguasa: Merkurius

Kompatibilitas Terbesar: Sagitarius, Aquarius

Kekuatan karakter zodiak Gemini adalah pribadi yang penyayang dan penuh rasa penasaran. Kelemahan karakter zodiak ini adalah gampang gelisah, tidak konsisten, dan ragu-ragu.

6. Cancer dengan simbol Kepiting

21 Juni - 22 Juli

Elemen: Air

Penguasa: Bulan

Kompatibilitas Terbaik: Capricorn, Taurus

Kekuatan karakter zodiak Cancer adalah sangat imajinatif, setia, dan simpatik. Kelemahan karakter zodiak ini adalah moody dan manipulatif. Cancer sangat emosional dan sensitif, dan senang terhubung dengan hal-hal yang berkaitan dengan rumah mereka.

7 dari 9 halaman

7. Leo dengan Simbol Singa

23 Juli - 22 Agustus

Elemen: Api

Penguasa: Sun

Kompatibilitas Terbaik: Aquarius, Gemini

Kekuatan karakter zodiak Leo adalah kreatif dan berhati hangat. Kelemahan karakter zodiak ini adalah arogan dan egois.

8. Virgo dengan simbol Gadis

22 Agustus -September 22

Elemen: Bumi

Penguasa: Merkurius

Kompatibilitas Terbaik: Pisces, Cancer

Kekuatan karakter zodiak Virgo adalah setia dan pekerja keras. Kelemahan karakter zodiak adalah suka khawatir dan mengkritik diri sendiri serta orang lain. Virgo dianggap sebagai tanda zodiak yang paling berhati-hati.

8 dari 9 halaman

9. Libra dengan Simbol Timbangan

23 September - 22 Oktober

Elemen: Udara

Penguasa: Venus

Kompatibilitas Terbesar: Aries, Sagitarius

Kekuatan karakter zodiak Libra adalah bersikap kooperatif dan berpikiran adil. Kelemahan karakter zodiak adalah suka ragu-ragu dan cenderung menghindari konfrontasi. Libra terpesona oleh keseimbangan.

10. Scorpio dengan simbol Kalajengking

23 Oktober - 21 November

Elemen: Air

Penguasa: Pluto

Kompatibilitas Terbaik: Taurus, Cancer

Kekuatan karakter zodiak Scorpio adalah berani dan banyak akal. Kelemahan karakter zodiak ini adalah gampang cemburu dan tertutup. Scorpio adalah orang-orang yang bersemangat, berani, dan tegas

9 dari 9 halaman

11. Sagitarius dengan Simbol Pemanah

21 November - 22 Desember

Elemen: Api

Penguasa: Jupiter

Kompatibilitas Terbaik: Gemini, Aries

Kekuatan karakter zodiak Sagitarius adalah idealis dan memiliki selera humor yang tinggi. Kelemahan karakter zodiak ini adalah tidak tersaring dan sangat tidak sabaran.

12. Capricorn dengan simbol Kambing Jantan

21 Desember - 19 Januari

Elemen: Bumi

Penguasa: Saturnus

Kompatibilitas Terbaik: Taurus, Cancer

Kekuatan karakter zodiak Capricorn adalah bertanggung jawab, disiplin dan memiliki kendali diri. Kelemahan karakter zodiak ini adalah senang menjadi orang yang tahu segalanya dan sulit memaafkan.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini