9 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan, Dapat Cegah Osteoporosis

Selasa, 14 Januari 2020 12:04 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
9 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan, Dapat Cegah Osteoporosis Ilustrasi buah naga. StyleCraze

Merdeka.com - Saat ini buah naga menjadi salah satu buah yang kerap dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Bentuknya yang unik, membuat buah naga mudah dikenali. Pada umumnya, buah naga memiliki tampilan kulit berwarna merah atau terkadang kuning.

Buah naga merupakan buah yang rendah kalori, namun tinggi nutrisi. Vitamin B, vitamin C, protein, fosfor, kalsium, fiber, captin dan antioksidan terkandung dalam buah tersebut.

Buah naga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dirangkum dari Hellosehat dan berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 9 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

sehat

www.canadianliving.com

Salah satu manfaat buah naga untuk kesehatan yaitu membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah naga dapat mengurang kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik.

Dilansir dari Hellosehat, studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Research menemukan bahwa konsumsi buah pitaya (naga) dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, buah naga merupakan sumber lemak jenuh tunggal yang dapat menjaga hati dalam kondisi baik.

2 dari 9 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

ilustrasi wanita bahagia

2019 Merdeka.com/Pixabay

Buah naga mengandung vitamin C yang tinggi. Tingginya vitamin C dalam buah naga dapat memberikan peningkatan sistem kekebalan tubuh serta merangsang aktivitas antioksidan lainnya.

Selain itu, tingkat tinggi vitamin C, mineral dan fitoalbumin dapat memerangi radikal bebas. Kandungan vitamin B1, B2, B3 serta fosfor, kalsium, zat besi, protein, niasin dan serta juga memberikan kontribusi untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

3 dari 9 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol

010 magang

2017 istock.com

Dilansir dari Honestdocs, kandungan vitamin B3 dalam buah naga sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya mengonsumsi buah ini.

Kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi tubuh. Apabila kolesterol tinggi dibiarkan, maka dapat mendatangkan penyakit-penyakit serius seperti stroke atau jantung koroner.

4 dari 9 halaman

Meredakan Batuk

ilustrasi batuk

medicalnewstoday.com

Kandungan vitamin B3 dalam buah naga dapat membantu meredakan penyakit batuk. Apabila Anda mengalami batuk, cobalah untuk mengonsumsi buah naga.

Manfaat buah naga ini tentunya sangat berguna karena batuk termasuk penyakit yang lama sembuhnya. Meski bukan pengganti obat, tetapi buah naga dapat membantu meredakan batuk Anda.

5 dari 9 halaman

Menurunkan Berat Badan

013 destriyana

2015 Merdeka.com/shutterstock

Mengonsumsi buah naga cocok untuk Anda yang sedang program diet. Hal ini dikarenakan buah naga kaya akan serat dan sangat rendah kalori. Sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama dibanding dengan buah lainnya.

Mengonsumsi buah naga dapat menjadi alternatif untuk Anda yang sedang program diet. Dengan rutin mengonsumsi buah tersebut, program penurunan berat badan Anda dapat terbantu.

6 dari 9 halaman

Mencegah Diabetes

ilustrasi diabetes

Shutterstock/Ljupco Smokovski

Buah naga kaya akan serat. Rasa manis pada buah naga pun bukan berasal dari glukosa sehingga aman untuk penderita diabetes.

Dilansir dari Hellosehat, tingginya jumlah serat dalam buah naga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah seseorang. Tak hanya itu, buah naga juga dapat membantu untuk menghambat lonjakan gula yang terjadi setelah makan makanan dengan indeks glimik tinggi.

7 dari 9 halaman

Mencegah Penuaan Dini

dini

huffingtonpost.com

Buah naga mengandung antioksidan. Antioksidan berperan penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Antioksidan juga dapat melawan radikal bebas di tubuh yang dapat menyebabkan masalah seperti kanker.

Nutrisi yang paling penting dari buah naga kandungan fosfor. Sel-sel tubuh membutuhkan fosfor untuk membantu mencegah penuaan dini.

8 dari 9 halaman

Mencegah Kanker

ilustrasi stetoskop

Shutterstock.com/ra2studio

Dilansir dari Hellosehat, buah naga mengandung karoten yang terkait dengan beberapa anti karsinogen termasuk dalam mengurangi jumlah tumor. Selain itu, likopen yang bertanggung jawab untuk warna merah dalam buah naga telah terbukti terkait dengan menurunkan risiko kanker prostat.

Kulit buah naga pun mengandung polifenol. Ada kemungkinan beberapa polifenol dalam kulit buah naga ini bekerja sebagai afinitas untuk reseptor estrogen, dan mengubah perilaku hormon lain kepada situs reseptor dalam sel.

9 dari 9 halaman

Mencegah Osteoporosis

006 yoga tri priyanto

boldsky.com

Buah naga mengandung kalsium organik yang sangat baik untuk tulang. Mengonsumsi buah naga dapat mencegah penyakit pengeroposan pada tulang atau yang biasa disebut osteoporosis.

Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan secara jangka panjang. Mengonsumsi buah naga tentu baik agar tulang tetap sehat dan kuat.

[add]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Manfaat Buah Naga
  3. Trending
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini