8 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya, Dapat Ditanam di Pekarangan Rumah

Selasa, 28 Januari 2020 08:06 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
8 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya, Dapat Ditanam di Pekarangan Rumah Ilustrasi jahe. Shutterstock/grafvision

Merdeka.com - Jenis tanaman obat mudah ditemukan di sekitar kita. Tanaman obat biasanya diramu dan disajikan untuk penyembuhan penyakit. Beragam jenis tanaman obat dapat Anda manfaatkan.

Tanaman-tanaman obat yang berada di sekitar Anda memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Anda pun dapat mencoba menanam tanaman obat di pekarangan Anda. Selain bermanfaat bagi tubuh, pekarangan rumah Anda akan terlihat lebih asri.

Dirangkum dari Hellosehat dan berbagai sumber, berikut jenis tanaman obat dan manfaatnya.

2 dari 9 halaman

Jahe

010 tantri setyorini2018 Merdeka.com/Pixabay

Salah satu jenis tanaman obat yang kerap digunakan untuk pembuatan jamu atau obat tradisional yaitu jahe. Jahe mengandung senyawa aktif kuat bernama gingerol.

Dilansir dari Hellosehat, gingerol memiliki manfaat dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti mual muntah, sakit perut, vertigo, nyeri haid serta nyeri sendi. Selain itu, gingerol juga diketahui dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar serta membantu menurunkan berat badan.

Apabila Anda ingin menggunakan jahe sebagai obat herbal, sebaiknya pilih jahe yang segar. Hal ini dikarenakan jahe segar mengandung senyawa gingerol yang kuat dibanding jahe bubuk.

Meski bermanfaat, tetapi jahe dapat tetap tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Mengonsumsi jahe berlebihan dapat menyebabkan sakit perut, mulas, kembung hingga diare. Oleh sebab itu, perhatikan konsumsi jahe Anda. Sebaiknya, Anda mengonsumsi jahe tidak lebih dari 4 gram jahe per hari.

3 dari 9 halaman

Kumis Kucing

Kumis kucing dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang mampu mengatasi batu ginjal. Hal ini dikarenakan kumis kucing dapat membantu merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine. Hal tersebut dapat membantu mengeluarkan bakteri di kandung kemih dan mencegah pengendapan mineral dan garam dalam ginjal.

Selain itu, kumis kucing dikenal memiliki zat anti radang yang dapat membantu mengendalikan rematik dan asam urat, gejal alergi, menghentikan kejang serta penyakit ginjal. Kumis kucing juga dipercaya dapat meringankan luka di kulit serta gusi bengkak.

4 dari 9 halaman

Kayu Manis

ilustrasi kayu manisShutterstock/R_Szatkowski

Selain sebagai bumbu dapur, kayu manis pun memiliki manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Alodokter, kayu manis dipercaya dapat meredakan peradangan sendi karena rheumatoid arthritis, meringankan rasa tidak nyaman akibat infeksi saluran kemih serta mencegah demensia.

Selain itu, kayu manis juga memiliki manfaat untuk penderita diabetes. Kayu manis dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah puasa pada orang dengan kondisi prediabetes dan diabetes tipe 2.

5 dari 9 halaman

Lengkuas

001 destriyana2015 Merdeka.com/shesimmers.com

Lengkuas merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat. Dilansir dari Halodoc, salah satu manfaat lengkuas yaitu mengurangi ketidaknyamanan perut yang disebabkan peradangan.

Selain itu, lengkuas juga kerap digunakan untuk mengobati bronkitis dan batuk. Kandungan analgesik dan antipiretik dalam lengkuas, diketahui ampuh mengurangi demam.

6 dari 9 halaman

Daun Sirih

sirih2017 Merdeka.com

Sejak dulu, dauh sirih dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun sirih terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, sehingga dapat mencegah penyakit gusi dan gigi berlubang.

Daun sirih juga mengandung antioksidan tannin yang memiliki manfaat cepat merespon tubuh untuk membekukan darah dan menyembuhkan luka. Oleh sebab itu, banyak orang menggunakan daun sirih untuk mengobati luka bakar dan menghentikan mimisan.

7 dari 9 halaman

Lidah Buaya

ilustrasi lidah buayaShutterstock/NADKI

Selain mampu menangkal pencemaran udara, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini karena lidah buaya mengandung antioksidan alami.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk mengobati luka bakar, mengatasi sembelit, meningkatkan nafsu makan serta menutrisi kulit dan rambut. Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, disarankan untuk mengonsumsi lidah buaya secara rutin.

8 dari 9 halaman

Kunyit

ilustrasi kunyit2012 Shutterstock/Le Do

Kunyit memiliki kandungan zat kurkumin, kurkumin bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta mencegah penyakit. Dilansir dari Hellosehat, kurkumin dikenal dapat meringankan gejala gangguan pencernaan, mengatasi penyakit hati, gejala penyakit kulit, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, mencegah kanker usus besar, serta melindungi kesehatan fungsi saraf.

Apabila Anda ingin mengonsumsi kunyit, jangan mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Mengonsumsi kunyit yang berlebihan dapat menyebabkan masalah perdarahan serta memicu kenaikan asam lambung berlebih.

9 dari 9 halaman

Serai

seraiShutterstock

Dilansir dari Halodoc, serai merupakan salah satu jenis tanaman obat yang memiliki banyak manfaat. Serai dikenal memiliki manfaat dapat meredakan stres.

Selain itu, serai memiliki sifat antipiretik yang dapat membantu mengurangi demam tinggi dan mencegah infeksi tenggorokan. Serai juga dapat digunakan untuk meredakan semua jenis nyeri. Anda mencampur tanaman tersebut ke dalam teh atau minuman dan makanan sesuai selera.

[add]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini