6 Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami, Aman dan Gampang Banget

Rabu, 27 November 2019 18:58 Reporter : Billy Adytya
6 Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami, Aman dan Gampang Banget Ilustrasi selulit. Shutterstock/Kzenon

Merdeka.com - Cara menghilangkan selulit secara alami merupakan informasi yang sangat dicari, terutama bagi para ibu yang baru saja melahirkan. Bagi orang yang memiliki tubuh gemuk kemudian diet hingga kurus juga pasti akan memiliki selulit.

Bagi sebagian orang memiliki selulit di bagian tubuh yang tak terlihat bukanlah suatu masalah yang besar, berbeda dengan selulit yang muncul di bagian tubuh yang dapat terlihat. Ini akan menjadi masalah baginya.

Timbulnya selulit pada bagian tubuh yang terlihat terkadang sangat mengganggu pemandangan. Hal ini membuat mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Selulit adalah infeksi yang umum terjadi pada kulit akibat bakteri yang disebut Streptococcus dan Staphylococcus. Infeksi terjadi pada lapisan dalam dari jaringan subkutan dan dermis kulit akibat luka.

Macam-macam luka yang bisa berakibat selulit yaitu luka bekas operasi, luka bakar, gigitan serangga dan masih banyak lagi. Kondisi kulit yang mengalami eksim juga dapat menyebabkan selulit. Namun Anda dapat menghilangkannya dengan cara alami.

Berikut adalah cara menghilangkan selulit secara alami yang sudah merdeka.com rangkum dari beberapa sumber:

1 dari 6 halaman

Menghilangkan Selulit dengan Kunyit

Kunyit merupakan rempah dengan kandungan senyawa anti-inflamasi dan antimikroba. Hal tersebut membuat kunyit menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan selulit dan mencegah infeksi.

Caranya cukup mudah dengan menambahkan 1 sdt bubuk kunyit dengan 1 sdm madu bersama dengan beberapa tetes minyak tangkai teh. Oleskan campuran di daerah yang mengalami selulit dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat dan ulangi proses ini sebanyak dua kali dalam sehari untuk hasil terbaik.

2 dari 6 halaman

Menghilangkan Selulit dengan Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni adalah cara terbaik untuk menjaga kulit tetap lembap. Minyak ini dikemas dengan asam lemak dan vitamin yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Selain itu minyak kelapa murni juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang tidak hanya membantu dalam merawat kulit akan tetapi juga mencegah selulit kembali terjadi. Caranya cukup mudah dengan mengoleskan minyak langsung pada kulit Anda dan ulangi beberapa kali dalam sehari sampai selulit nya mereda.

3 dari 6 halaman

Menghilangkan selulit dengan nanas

Nanas mengandung enzim yang disebut dengan bromelain yang dapat membantu mengurangi peradangan. Enzim ini berasal dari batang buah nanas.

Untuk menggunakan nanas dalam menghilangkan selulit caranya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan nanas setiap hari ke dalam diet Anda dengan cara dikonsumsi. Ini akan membantu untuk menghilangkan selulit.

4 dari 6 halaman

Menghilangkan Selulit dengan Minyak Pohon Teh

Minyak yang terbuat dari pohon teh termasuk minyak yang ampuh untuk melawan bakteri penyebab selulit karena sifat anti-bakteri yang dimilikinya. Minyak ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-jamur secara alami.

Cara menggunakannya cukup mudah, oleskan 2-3 tetes minyak pohon teh langsung ke kulit dan biarkan selama 2-3 jam. Anda juga bisa menambahkan minyak kelapa untuk mengoleskannya dan lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

5 dari 6 halaman

Menghilangkan Selulit dengan Cuka Apel

Cuka sari apel ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri membandel. Cuka apel juga dapat membantu sel darah putih untuk melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada bagian-bagian tubuh Anda.

Oleskan langsung di area yang terkena selulit. Anda juga bisa melakukannya dengan cara merendam selulit dengan air yang dicampur dengan cuka apel.

6 dari 6 halaman

Menghilangkan Selulit dengan Yoghurt

Yoghurt secara alami mengandung probiotik yang penting untuk pertumbuhan bakteri dalam tubuh kita. Hal tersebut ternyata dapat membantu Anda dalam menghilangkan selulit dan juga rasa sakit dan pembengkakan.

Cara menggunakannya adalah dengan mengonsumsi 1 hingga 2 mangkuk yoghurt setiap hari, atau bisa Anda oleskan langsung pada area yang terkena selulit hingga gejalanya mereda.

Itu merupakan rangkuman Merdeka.com tentang cara menghilangkan selulit secara alami yang sangat aman bagi kesehatan Anda dan mudah untuk dicoba di rumah. Selamat mencoba!

[bil]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini