10 Doa Bapa Kami Kristen dan Katolik Mohon Lekas Bertemu Jodoh, Cocok untuk Jomblo

Senin, 27 September 2021 11:32 Reporter : Kurnia Azizah
10 Doa Bapa Kami Kristen dan Katolik Mohon Lekas Bertemu Jodoh, Cocok untuk Jomblo ilustrasi salib. catholicismpure.wordpress.com

Merdeka.com - Doa Kristen dan Katolik memohon dimudahkan dalam menemukan pasangan hidup patut diketahui bagi umat nasrani yang tengah memperjuangkan jodohnya. Hadirkan Tuhan dalam langkah pencarian pasangan hidup.

Anda dapat memilih untuk duduk dan menunggu cinta datang atau secara aktif mencarinya. Apapun keputusan Anda, pastikan untuk memohon pertolongan Tuhan supaya perjalanan kasih, menjadi kian mudah.

Memanjatkan doa Kristen dan Katolik mohon jodoh ini lebih baik, daripada Anda memilih untuk berkubang dalam penderitaan dan rasa mengasihani diri sendiri.

Doa ini dapat Anda panjatkan kala tengah berdoa sendiri, atau saat beribadah di gereja. Siapa tahu jodoh Anda bertemu saat ritual peribadatan di gereja tersebut.

Berikut ini beberapa doa Bapa kami Kristen dan Katolik mohon lekas bertemu jodoh, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Senin (27/9).

2 dari 4 halaman

Ayat Alkitab Mengenai Jodoh

yesus
ilustrasi kelahiran Yesus ©Daily Mail

Sebelum berdoa nemohon dipertemukan dengan jodoh, alangkah baiknya kita membaca sejumlah ayat dalam Alkitab mengenai cinta, kasih, dan pasangan hidup.

Sejatinya, setiap manusia hidup sosial dan membutuhkan orang lain. Salah satunya dengan memilih dan mencintai pasangan hidup. Pasrahkan pada Tuhan, kiranya siapa yang pantas mendampingi Anda menghabiskan sisa hidup.

Terdapat banyak kalimat mengenai hal ini, beberapa di antaranya ialah:

Pertama, hubungan Anda yang paling penting haruslah dengan Yesus. Anda tidak dapat memiliki hubungan yang sehat dan kuat dengan siapa pun tanpa ini menjadi yang pertama dalam hidup. Hal ini dimuat  di Yohanes 4:8, "Orang yang tidak mengasihi, tidak mengenal Allah, karena Allah itu kasih."

Kedua, "Suami, kasihilah isterimu, sebagaimana Kristus mengasihi jemaah dan menyerahkan diri-Nya untuk jemaah." (Efesus 5:25)

Ketiga, 8:6 "Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN! 8:7 Air yang banyak tak dapat memadamkan cinta, sungai-sungai tak dapat menghanyutkannya. Sekalipun orang memberi segala harta benda rumahnya untuk cinta, namun ia pasti akan dihina." (Kidung Agung 8:6-7).

Keempat,Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka mendapatkan imbalan yang baik atas jerih payah mereka: Jika salah satu dari mereka jatuh, yang satu dapat membantu yang lain berdiri. Tetapi kasihanilah siapa pun yang jatuh dan tidak ada yang membantu mereka berdiri. Juga, jika dua orang berbaring bersama, mereka akan tetap hangat. Tetapi bagaimana seseorang bisa tetap hangat sendirian?" (Pengkhotbah 4:9)

Kelima, "Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, 3:4 maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia." (Amsal 3:3-4)

Keenam, "Engkau telah memikat hatiku, saudariku, pengantinku; engkau telah memikat hatiku dengan satu pandangan matamu, dengan satu permata kalungmu." (Kidung Agung 4:9)

Ketujuh, "Mintalah aku untuk tidak meninggalkanmu, Atau berbalik dari mengikutimu; Karena ke mana pun kamu pergi, aku akan pergi; Dan ke mana pun kamu menginap, aku akan menginap; umatmu akan menjadi umat-Ku, Dan Tuhanmu, Tuhanku. Di mana kamu mati, aku akan mati, Dan di sana aku akan dikuburkan. Tuhan melakukannya kepadaku, dan lebih lagi, Jika ada sesuatu selain kematian yang memisahkan kamu dan aku." (Rut 1:16-17)

Kedelapan, "Hai suami-suami, kasihilah istrimu, seperti Kristus telah mengasihi jemaat dan menyerahkan diri-Nya baginya, supaya Ia menguduskannya, dengan membasuhnya dengan air dengan firman, supaya Ia mempersembahkan gereja untuk dirinya sendiri dalam kemegahan, tanpa noda atau kerutan atau hal semacam itu, agar dia menjadi suci dan tidak bercacat. Dengan cara yang sama suami harus mencintai istri mereka seperti tubuh mereka sendiri. Dia yang mencintai istrinya mencintai dirinya sendiri. Karena tidak seorang pun pernah membenci dagingnya sendiri, tetapi mengasuh dan merawatnya, sama seperti Kristus terhadap gereja." (Efesus 5:25-33)

3 dari 4 halaman

Contoh Doa Kristen untuk Minta Jodoh

salibProsesi jalan salib ©2017 REUTERS/Jorge Cabrera

1. Doa Kristen Bagi yang Lama Menjomblo

"Ya Tuhan, di usia saya yang telah beranjak dewasa ini saya sangat gembira telah bertemu dengan bayak orang. Berkenalan dengan teman dan rekan kerja di kantor yang sama-sama meninggikan nama-Mu setiap saat.

Tuhan, betapa indah hidup ini dengan segala penyertaan-Mu, namun saya merasa masih ada yang kurang, yakni jodoh pasangan hidup. Tuhan, selama petualangna kehidupan ini saya belum menemukan sosok yang dapat membuat saya bahagia.

Entah itu karena saya kurang peka atau memang Engkau belum merencanakan agar saya bertemu dengan orang tersebut. Apabila saya kurang peka, dengan segala kerendahan hati saya mohon agar dibukakan pintu hatinya untuk menerima siapapun yang peduli terhadap saya.

Apabila Engkau belum merencakan, saya yakin itu adalah yang terbaik untuk saat ini. Saya akan tetap menunggu sampai hari itu tiba, sampai di mana pasangan sejati saya datang dengan membawa kabar gembira untuk melanjutkan ke jenjang kehidupan berikutnya. Amin."

2. Doa Kristen Memohon Pasangan Hidup

"Tuhan yang maha mulia, Yesus Kristus sang juru selamat kehidupan, terima kasih atas banyaknya pengalaman hidup yang telah mewarnai hari-hari saya menjadi lebih berdinamika. Ada banyak karakter orang yang saya jumpai dan membuat saya banyak belajar dari mereka.

Tuhan, saat ini usia saya telah dewasa, sudah masuk ke usia nikah, namun saya belum menemukan pasangan yang sekiranya sesuai dengan saya, baik dalam pemikiran maupun tindakan. Tuhan, bantulah saya, bimbinglah saya untuk menemukan orang tersebut.

Apabila dia ada di sekitar saya, mohon bukakanlah pintu hati agar saya dapat menerimanya dan apabila dia berada jauh di laur saya, maa dekatkanlah kami, pertemukanlah kami segera dengan cara yang baik. Kepada Tuhan Yesus Kristus, aku berdoa. Amin."

3. Doa Kristen Mohon Jodoh yang Seiman

"Ya Bapa, telah banyak lawan jenis yang menjalin hubungan dengan saya. Putus nyambung dalam berpacaran bukan lagi hal yang asing bagi saya. Hingga saya menyadari usia saya telah semakin dewasa.

Orangtua selalu menanyakan di mana pasangan saya, teman dan rekan kerja pun demikian. Saya pun dalam hati ingin sekali segera bertemu dengan orang yang Engkau pilih, kemudian menikah dan menjalani hidup.

Ya Bapa, dengan segala kerendahan hati saya mohon kepada-Mu, pertemukanlah saya dengan jodoh di waktu yang tepat. Sebelum itu, sabarkanlah hati saya untuk menunggu. Hanya kepada Yesus saya berdoa. Haleluya, Amin."

4. Doa Bapa Kami Kristen Mohon Ketemu Jodoh

Ya Bapa, saat ini perkenankan kami menghadap hadiratMu yang penuh kekudusan untuk membawa serta doa dan permohonan kami saat ini. Ijinkan kami untuk berkata-kata dalam perantaraan roh Kudus untuk membawa doa kami ke hadiratMu yang kudus dan suci. Terlebih dahulu sucikan hati kami, dalam kami menaikkan doa dan permohonan ini ke hadiratMu.

Ajar kami melakukan hal ini dengan hikmat dan marifat yang hanya berasal dari Engkau. Terutama saat ini kami panjatkan permohonan akan pasangan hidup kami. Yang nantinya akan membentuk keluarga seturut firmanMu. Sehingga kami tidak tersesat dan salah dalam memilih jalan yang telah ditentukan dalam hidup kami.

Ya Bapa, Engkau Allah yang maha tahu, Engkau Allah yang maha mengerti, Engkaulah yang menyingkapkan segala perkara dan isi hati kami. Oleh sebab itu ya Bapa, kami mohon karuniaMu dan tuntunan buah-buah Roh Kudus dari padaMu untuk tetap menguatkan kami dalam menanti janji yang telah Engkau berikan tentang pasangan hidup yang sesuai dengan firmanMu.

Kami mohon, berikanlah kami pasangan hidup yang sepadan, yang senantiasa taat dan sejalan dengan pikiranMu. Jauhkanlah kami dari godaan iblis, yang menuntun kami untuk menuju kebinasaan. Agar pasangan yang kami pilih, seturut firman dan karyaMu bagi hidup kami.

Ya Bapa kami mohon, dengarkan doa dan permohonan kami. Supaya kami dimampukan untuk mengerti segala rencanaMu dan berserah kepadaMu. Sehingga hidup kami nantinya akan terus berjalan sesuai apa yang telah Engkau rencakan bagi kami. Terimakasih ya Bapa, biarlah hanya di dalam namaMu kami telah berdoa dan memanjatkan permohonan ini, Amin.

5. Doa Bapa Kami Kristen Dekatkan Jodoh yang Seiman

"Bapa yang agung, terimakasih atas segala penyertaan hidup yang Engkau berikan sehingga saya dapat bertemu teman, rekan kerja, dan banyak orang lain yang peduli terhadap saya.

Namun satu per satu dari mereka telah berkeluarga dan harus fokus terhadap rumah tangga masing-masing. Kehidupan akan menjadi semakin sepi di kala saya menyadari bahwa saya masih sendiri.

Ya Bapa, telah banyak saya bertemu dengan lawan jenis, namun belum ada yang mau menjalani kehidupan bersama. Entah sampai kapan, saya tetap menunggu dan percaya kepada-Mu.

Jika jodoh itu masih jauh, maka tolong dekatkanlah. Jika jodoh itu dekat, maka sadarkanlah mata hati saya. Saya yakin, Engkau akan mempertemukan kami pada waktu yang tepat. Amin."

4 dari 4 halaman

Contoh Doa Katolik untuk Minta Jodoh

ilustrasi alkitabIlustrasi Alkitab theblaze.com ©2012 Merdeka.com

1. Doa Katolik Petunjuk Pasangan Hidup

Bapa yang bertahta di kerajaan Sorga. Terima kasih telah mempertemukan saya dengan banyak orang hebat. Beragam karakter manusia yang saya temui sedikit demi sedikit membuat saya menjadi paham bahwa dunia itu luas, lebih luas dari pikiran saya.

Tuhan, selama ini saya telah mencari, namun dari sekian banyak orang yang saya temui tidak ada seorangpun yang saya pikir merupakan calon pasangan hidup yang telah Engkau gariskan. Mungkin saya kurang peka, mungkin saya kurang pandai membaca petunjuk yang Engkau berikan.

Oleh karena itu, Tuhan, dengan segala kerendahan hati tolong bimbinglah anak-Mu ini agar mampu menemukan jodoh yang selama ini saya cari. Pertemukanlah saya dengan orang baik, yang selalu memuji dan meninggikan nama-Mu. Tuhan, hanya kepada-Mu aku berpasrah. Amin.

2. Doa Katolik Dilancarkan dalam Pacaran

Yesus yang murni, terimakasih telah mempertemukan saya dengan (sebut nama). Dia menjadi kekasih yang begitu baik, peduli, dan mau menerima segala kelebihan dan kekurangan saya.

Hubungan pacaran kami berjalan dengan lancar, itu semua karena kuasa rencana-Mu. Mudah-mudahan, hubungan kami dapat terus terjalin baik hingga tiba waktunya untuk menjalin janji suci.

Ya Tuhan, saya sangat berharap agar (sebut nama) menjadi pasangan hidup saya, teman hidup yang menemani hingga akhir hayat. Apabila itu sesuai kehendak-Mu, maka saya akan sangat berbahagia. Amin.

3. Doa Katolik Berjodoh dengan Seiman

Kepada Allah di sorga, penyertaan yang Engkau berikan sepajang hari begitu banyak. Kuasa darah Yesus juga telah menyelamatkan kami dari kehancuran dan kesengsaraan.

Begitu banyak pengorbanan yang Engkau berikan. Begitu banyak pertolongan yang Engkau ulurkan. Satu pasangan hidup akan membuat hidup saya mejadi lebih bahagia.

Mungkin belum waktunya, namun saya yakin Engkau akan segera mempertemukan saya dengan seorang jodoh yang akan selalu mengingatkan saya terhadap Engkau, seseorang yang sama-sama beriman dan percaya kepada-Mu. Amin.

4. Doa Katolik Minta Pentunjuk Soal Jodoh

Ya Tuhan, betapa indah hidup yang Engau berikan. Segalanya menjadi sangat istimewa ketika Engkau mempertemukanku dengan banyak orang, termasuk lawan jenis.

Diantara banyak lawan jenis tersebut, belum ada salah seorang yang saya pikir Engkau tentukan teman hidup terakhir dan satu-satunya bagi saya. Apakah jodooh itu masih jauh? Atau sudah dekat?

Ya Tuhan, biarlah pergumulan ini terjadi sesuai kehendak-Mu. Dengan hati yang rendah saya mohon kepada-Mu untuk memberikan petunjuk siapa jodoh saya, pertemukan kami ketika telah dekat, dan jadikan hubungan kami lancar sesuai rencana-Mu. Amin.

5. Doa Katolik Segera Dipertemukan Jodoh Tuhan

Bapa yang mulia, jalan hidup yang saya lalui telah panjang. Banyak petualangan cinta yang telah saya lewati dengan orang-orang berbeda. Dan semua hubungan yang kami jalin tidak ada yang bertahan.

Bapa, rencana-Mu pasti sungguh indah, dan itu yang terbaik untuk saya dan jodoh yang telah Engkau siapkan untuk menemani saya di hari tua. Kapanpun, saya akan menunggu hari di mana pertemuan itu terjadi.

Selagi itu, saya akan terus bersabar dan siap berubah menjadi orang yang lebih baik. Agar suatu saat, ketika sudah waktunya dipertemukan, saya berharap dapat menjadi pasangan yang setia dan dapat dibanggakan. Amin.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini