Yakinkan Lembaga Internet Dunia, PANDI Bikin Lomba Web Berkonten Aksara Lontara

Senin, 7 Desember 2020 09:18 Reporter : Syakur Usman
Yakinkan Lembaga Internet Dunia, PANDI Bikin Lomba Web Berkonten Aksara Lontara Lomba website berkonten aksara daerah Lontara. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah aksara Jawa, Sunda, dan Bali, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) kembali menggelar lomba pembuatan website dengan konten aksara daerah Lontara, bahasa suku Bugis (Sulawesi Selatan).

Bekerja sama dengan Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara (YALN), lomba ini menjadi bukti pada lembaga internet dunia (ICANN) bahwa aksara Lontara masih ada penggunanya dan eksis hingga kini.

Ketua PANDI Yudho Giri Sucahyo menjelaskan, saat ini adalah kesempatan bagi masyarakat Sulawesi pada umumnya untuk bisa ikut melestarikan aksara daerahnya.

“Rangkaian program Merajut Indonesia melalui digitalisasi aksara nusantara telah bergeser ke Sulawesi. Saatnya masyarakat Bugis dan sekitarnya ikut andil dalam pelestarian aksara daerahnya melalui internet,” ujar Yudho dalam keterangan resminya, Senin (7/12).

Yudho berharap lomba ini bisa mendapatkan antusias tinggi dari masyarakat agar bisa menjadi pembuktian kepada ICANN bahwa aksara Lontara masih banyak dipergunakan hingga saat ini.

“Semoga banyak peserta ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut, sehingga dari konten website yang masuk bisa menjadi bukti bahwa aksara Lontaraq masih banyak penuturnya, dan ini menjadi hal penting agar bisa memudahkan proses pendaftaran ke ICANN untuk bisa didigitalisasikan ke internet,” ucapnya.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Aksara Lontaraq Nusantara Nurhayati Rahman menambahkan, lomba pembuatan website berkonten aksara Lontara menjadi momentum penting dalam menyelamatkan warisan bangsa dari kepunahan.

"Mari ikut dan berpartisipasi dalam lomba website ini, berarti ikut menyelamatkan warisan literasi kita," kata Nurhayati.

Lomba ini berhadiah uang tunai, smartphone, dan trofi.

Baca Selanjutnya: Bukti Eksistensi Aksara Daerah Nusantara...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini