Sukses Geser Advan, Realme Tembus 5 Besar Smartphone Terlaris di Indonesia

Selasa, 3 September 2019 18:30 Reporter : Indra Cahya
Sukses Geser Advan, Realme Tembus 5 Besar Smartphone Terlaris di Indonesia Realme 5 dan Realme 5 Pro. ©2019 androidauthority.com

Merdeka.com - Vendor smartphone asal Tiongkok Realme, akhirnya berhasil masuk dalam lima besar vendor smartphone dengan penjualan terbanyak di Indonesia.

Informasi ini berdasarkan laporan lembaga riset pasar IDC untuk penjualan smartphone Indonesia per kuartal 2 2019, seperti yang dirangkum oleh Liputan6.com.

Berdasarkan laporan tersebut, Realme berada di posisi ke-5 vendor smartphone paling laris di Tanah Air dengan pangsa pasar 6,1 persen.

Pangka pasar Realme pada kuartal kedua ini meningkat cukup signifikan, sebab pada kuartal pertama 2019, Realme menguasai 1,4 persen market share smartphone Tanah Air. Sementara pada kuartal keempat 2018, Realme menguasai 1,6 persen pangsa pasar.

Market Analis IDC Indonesia Risky Febrian mengatakan, berdasarkan laporan IDC Quarterly Mobile Phone Shipment terbaru pada kuartal kedua tahun 2019, 4 dari 5 merek smartphone teratas berasal di Tiongkok.

"Strategi Realme dalam penetrasi pasar antara lain menerapkan aktivitas pemasaran, spesifikasi, dan harga secara agresif yang terbukti dapat meningkatkan kesadaran merek mereka di pasar," kata Risky.

Risky juga mengatakan, pada kuartal kedua 2019 ini, Realme berhasil menggeser posisi Advan di top 5 smartphone tanah air.

1 dari 2 halaman

Kurang Dari Setahun

Marketing Director Realme Southeast Asia Josef Wang mengatakan, pihaknya senang mengetahui Realme menjadi Top 5 Smartphone Brand di Indonesia berdasarkan IDC, dalam waktu kurang dari setahun semenjak hadir di Indonesia.

Tak hanya IDC, sebelumnya, kata Josef, laporan pengiriman smartphone dari Counterpoint dan Canalys menempatkan realme di nomor 5.

"Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa produk kami mendapatkan pencapaian luar biasa dalam hal penjualan," kata Josef. Ia pun berterima kasih kepada konsumen dan seluruh pihak atas pencapaian ini.

Realme, kata Josef, mengaplikasikan teknologi smartphone yang berani dan optimalisasi model bisnis. Dengan begitu, Realme menjadi game changer untuk industri ponsel pintar domestik.

Realme pun berkomitmen menghadirkan jajaran smartphone lain dengan filosofi "Dare-to-Leap" yang memiliki kinerja, desain, dan kualitas terbaru dalam waktu dekat.

2 dari 2 halaman

Samsung Digeser Oppo

Pergeseran pun juga terjadi di posisi atas. Pasalnya, Samsung kini tergeser oleh Oppo. Menurut Lembaga riset global Canalys, Oppo memimpin pasar Indonesia untuk kali pertama dengan menggeser Samsung.

Data ini berdasarkan data volume pengapalan unit di kuartal kedua tahun 2019.

Oppo sendiri memimpin pasar smartphone Indonesia dengan pangsa pasar 26 persen, tumbuh 54 persen dari tahun lalu.

Samsung yang semula berada di posisi satu digeser ke posisi kedua dengan pangsa pasar 24 persen. Pengapalan Samsung hanya tumbuh 10 persen. Oppo berhasil melampaui pertumbuhan Samsung untuk memimpin pasar kali pertama. Hal ini berkat cakupan offline yang kuat, sementara kompetisi di jalur online memanas.

Di posisi ketiga dan seterusnya ditempati oleh Xiaomi, Vivo, dan Realme. Masing-masing meraih pangsa pasar 19 persen, 15 persen, dan 7 persen.

Menariknya, Xiaomi mengalami penurunan pertumbuhan sebanyak 9 persen. Sedangkan Vivo yang di posisi keempat memiliki pertumbuhan terbesar dari kelimanya, yakni 62 persen.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustin Setyo Wardani [idc]

Baca juga:
Apple Minta Maaf Telah Dengarkan Percakapan Pengguna di Siri
Bulan ini OPPO Siap Gebrak Pasar dengan Smartphone Terbaru
Smartwatch Adalah Jawaban Atas 'Penyakit' Kecanduan Smartphone, Efektif?
Erajaya Buka Outlet Erafone Megastore 3.0
Sony Dilaporkan Bakal Luncurkan Xperia 2 di IFA 2019
Sistem Android Tak Akan Ada Lagi di Smartphone Huawei Mendatang?

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Realme
  3. Advan
  4. Oppo
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini