Samsung Galaxy Fold Tunjukkan 'Kerapuhan' Kala Diuji Ketahanan, Apa Saja?

Selasa, 24 September 2019 14:06 Reporter : Indra Cahya
Samsung Galaxy Fold Tunjukkan 'Kerapuhan' Kala Diuji Ketahanan, Apa Saja? Samsung Galaxy Fold. ©2019 youtube.com/jerryrigeverything

Merdeka.com - Smartphone lipat dari Samsung yakni Galaxy Fold sempat tersandung masalah berupa layar yang rapuh. Namun akhirnya, Samsung Galaxy Fold akan segera dirilis kembali dengan beberapa peningkatan dan hilangnya masalah yang sebelumnya ada.

Masalah yang ada di rilisan Galaxy Fold sebelumnya ternyata tidak serta merta hilang. Ada beberapa alasan. Pertama, Samsung memperingatkan pengguna Galaxy Fold kala pertama kali menyalakan perangkat, kalau Galaxy Fold tidak tahan air dan debu.

Samsung juga membuat sebuah video iklan di mana kontennya mengajak pengguna Fold untuk lebih hati-hati dalam menggunakan perangkatnya.

Selain itu, setelah diujicoba oleh Youtuber teknologi spesialis uji ketahanan smartphone, JerryRigEverything, smartphone lipat ini masih punya sedikit 'kerapuhan.'

1 dari 2 halaman

Uji Ketahanan Samsung Galaxy Fold

Di uji ketahanan berupa gores, bagian luar dari perangkat ini cukup kuat. Hal ini agak berbeda di bagian layar lipat, di mana goresan sedikit akan melukai layarnya yang berbahan plastik. Bahkan dengan kuku pun layar bisa tergores.

Namun yang paling berbahaya adalah percobaan ketahanan perangkat ini terhadap debu, meski di awal terdapat peringatan bahwa smartphone lipat ini tak tahan debu.

Hasilnya ternyata tidak baik. Benda asing seperti debu sangat mudah untuk menyusup ke dalam bagian dalam perangkat. Hal ini membuat terdapat ganjalan debu dan serpihan kecil kala perangkat dilipat dan dibuka.

Ditakutkan, kemudahan masuknya debu dalam perangkat dapat memicu beberapa kerusakan layar permanen atau hardware internal.

2 dari 2 halaman

Engsel Luar Biasa Kuat

Namun salah satu aspek terbaik dari Fold adalah engsel lipat yang sangat kuat. Dalam uji coba mematahkannya, dengan cara menekuknya ke arah sebaliknya, Sang Youtuber gagal mematahkan perangkat.

Dalam rekam jejaknya, banyak sekali smartphone dan tablet yang telah ia hancurkan, namun Fold bahkan tak rusak ataupun mati.

Jadi, jika Anda butuh perangkat yang kuat, Fold bisa jadi pilihan. Hanya saja Anda harus lebih hati-hati agar debu tidak masuk ke perangkat.

[idc]

Baca juga:
Xiaomi Segera Rilis Mi Mix Alpha Dengan Kamera 108MP, Ini Hasil Fotonya!
Jalankan Alat Blokir IMEI, Dikhawatirkan Potensi Kebocoran Data Pelanggan Operator
Deretan Smartphone Samsung yang Akan Dapat Pembaruan Android 10
Samsung Akan Kembangkan Kamera Smartphone Ala iPhone 11 Pro
Sistem Pendeteksian IMEI Ponsel Tak Merekam Data Pengguna
Tidak Ada Aplikasi Google di Huawei Mate 30 Series, Bagaimana Jadinya?

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Samsung Galaxy
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini