Review Samsung Galaxy A20s: Desain Elegan dan Baterai Tahan Lama!

Sabtu, 26 Oktober 2019 12:00 Reporter : Indra Cahya
Review Samsung Galaxy A20s: Desain Elegan dan Baterai Tahan Lama! Samsung Galaxy A20s. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Samsung yang merupakan salah satu pemegang pangsa pasar smartphone di Indonesia, kembali memperkenalkan lini entry-level miliknya, yakni Galaxy A20s.

Ini adalah smartphone yang digadang-gadang oleh Samsung sebagai perangkat dengan baterai awet dan memiliki memori besar.

Lini Galaxy A sendiri adalah lini yang banyak sekali diisi smartphone dari berbagai segmen oleh Samsung. Meski dari spesifikasi terlihat bahwa smartphone ini berada di kelas entry-level, karena ia adalah smartphone lini Galaxy A, beberapa fitur menarik ada di dalamnya, seperti desain yang elegan, fast charging, dan software One UI terbaru.

Galaxy A20s sendiri adalah pembaruan dari Galaxy A20 yang lahir enam bulan sebelumnya. Ada beberapa perubahan, di mana yang paling mencolok adalah tambahan jumlah kamera dan juga pergantian vendor prosesor yang tentu menaikkan performanya.

Nah, Merdeka.com berkesempatan untuk menjajal smartphone yang dibanderol seharga Rp 2.299.000 ini, dan mengulas langsung deretan keunggulan dari smartphone ini. Bagaimana pengalaman dan juga berbagai keunggulan dari smartphone ini? Berikut ulasan penuhnya!

1 dari 8 halaman

Isi Dalam Kotak

Kami mengulas Samsung Galaxy A20s dalam waktu seminggu. Ketika unit sampai ke tangan, kami langsung melakukan unboxing untuk tahu apa saja yang ada dalam kotak. Berikut isinya!

  • Unit Smartphone
  • Charger 5V/2A (fast charger)
  • Kabel USB C
  • SIM ejector
  • Buku panduan

Sebagai informasi, Samsung tidak menyertakan case transparan serta earphone langsung dalam kotak.

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

2 dari 8 halaman

Desain

Seperti deretan lini Galaxy A lainnya, Samsung Galaxy A20s mengusung bahasa desain yang sama dengan deretan smartphone lainnya di lini ini. Tak pelak, meskipun smartphone ini bukan yang paling premium di lini ini, kesan elegan tetap tidak ketinggalan.

Smartphone ini memiliki sentuhan 'glasstic', yang merupakan bodi plastik dengan sentuhan mengkilat dari polikarbonat, sehingga sekilas kita bisa mengiranya adalah sentuhan kaca. Warna belakangnya solid, hanya satu warna tanpa adanya corak ataupun gradien yang sering dimainkan di banyak smartphone masa kini.

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

Kenyamanan genggaman dari smartphone ini rasanya sangat sempurna. Paduan perangkat yang berbobot ringan, bodi tipis dan panjang, serta desain lengkung di bagian belakangnya yang mulus.

Bagian belakangnya masih diisi oleh pemindai sidik jari konvensional yang terletak di bagian tengah atas perangkat.

Penggunaan pemindai sidik jari konvensional alih-alih bawah layar yang kekinian patut diapresiasi, mengingat pemindai sidik jari bawah layar masih cukup lambat dan kurang akurat ketimbang konvensional yang sangat cepat dan tak pernah sekalipun meleset. Keluhannya hanya peletakannya yang kurang ramah bagi mereka yang bertangan kecil, karena jadi susah dijangkau oleh telunjuk.

Di bagian kiri terdapat tombol volume, di bagian kanan terdapat tombol power, di bagian bawah terdapat single speaker, port USB C, serta headphone jack.

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

Nah, aspek menarik terdapat di layar karena terdapat notch atau poni yang berbentuk V (Infinity V). Ini adalah poni yang terlihat lebih menarik ketimbang Infinity U yang diusung di beberapa smartphone lini Galaxy A lain. Terlebih lagi, poni ini mudah diabaikan di sela lebarnya layar.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A20s tak bisa dimungkiri punya desain premium. Meski berada di spektrum harga yang terjangkau, bahasa desain yang sama dengan desain dari Galaxy A lainnya membuat A20s juga 'tertular' mengusung desain elegan.

3 dari 8 halaman

Layar

Di Samsung Galaxy A20s, Samsung membuang panel AMOLED yang sebelumnya ada di Galaxy A20, dan diganti dengan panel IPS LCD beresolusi HD+.

Samsung sendiri mampu membuat layar yang meski hanya mengusung panel LCD, punya warna yang lebih menyala dan kontras yang baik, serta tentunya dikalibrasi dengan baik sehingga representasi warna di layar nampak sama dengan apa yang kita lihat di dunia nyata.

Dengan mata kami yang cukup terlatih karena telah melihat banyak layar smartphone, memang resolusi HD membuat smartphone ini membuat beberapa gambar agak 'lembut' dan kurang tajam.

Namun jika dibandingkan deretan smartphone lawas dengan resolusi sama, Samsung dengan teknologi layarnya, mampu membuat sebuah panel LCD dengan resolusi HD ini nyaman dipandang dan sama sekali mengabaikan adanya titik yang kurang tajam.

Jadi bisa dibilang, layar LCD dari Samsung ini berani diadu soal warna dan kontras dengan layar Super AMOLED.

4 dari 8 halaman

Hardware dan Performa

Soal dapur pacu yang diusung oleh Galaxy A20s juga menarik. Pasalnya, Samsung pindah lajur dari Galaxy A20 yang mengusung prosesor Exynos 7884, ke prosesor besutan Qualcomm yakni Snapdragon 450. Keduanya berada di kelas entry level dan juga dibangun di atas teknologi yang sama yakni 14 nanometer.

Kartu grafis pun yang satu paket dengan prosesornya (chipset), tentu juga berbeda. Samsung Galaxy A20s kini mengusung Adreno 506 alih-alih Mali G71 MP2.

Soal RAM dan storage, smartphone ini mengusung RAM 3GB dengan media penyimpanan internal 64GB.

Jika berbicara soal performa, sebagai smartphone yang berada di kelas entry-level, smartphone ini sudah sangat mumpuni jika digunakan untuk pengguna 'basic'.

Dalam artian, deretan tugas yang dilakukan sehari-hari adalah tak lebih dari media sosial, chat, streaming musik dan video, penggunaan aplikasi dompet digital, aplikasi transportasi online, dan fotografi mobile beserta pengeditannya.

Jadi jika Anda hanya butuh smartphone yang baik untuk mobilitas sehari-hari, Samsung Galaxy A20s sudah sangat cukup. Terlebih lagi, prosesor yang hemat daya dan baterai besar akan membuat ketahanan baterai makin luar biasa.

Nah, ada pengecualian jika Anda ingin mempergunakan perangkat untuk Samsung Galaxy A20s untuk main gim. Perlu diingat bahwa dengan performanya, gim yang bisa dimainkan adalah gim yang enteng.

Jika ingin memainkan gim dengan kualitas grafis dan gameplay yang lebih 'hardcore', gim tak akan berjalan mulus. Konsekuensinya tentu Anda harus menurunkan grafisnya di titik terendah jika tetap ingin main.

5 dari 8 halaman

Software

Soal laman antarmuka, Galaxy A20s mengusung One UI 1.1 yang berbasis Android Pie. Ini adalah UI yang cukup sederhana dan ramah pengguna. Antarmukanya teroptimasi untuk mudahnya penggunaan dengan berbagai fitur seperti paduan grid aplikasi dan app drawer.

Kita juga dengan mudah menghilangkan tombol navigasi untuk menggunakan navigasi gestur yang akan memperbesar ukuran layarnya.

Yang paling penting, smartphone ini mempunyai bloatware yang minim, dan ketika pertama kali dinyalakan pasca keluar dari kotak, terdapat pilihan untuk tidak memasang aplikasi-aplikasi bawaan Samsung.

Aplikasi preloaded dari Samsung sangat sedikit, dan ada dua buah aplikasi non Samsung bersifat bawaan yakni aplikasi streaming Vidio dan juga e-commerce Lazada.

6 dari 8 halaman

Kamera

Berikut adalah spesifikasi kamera dari Samsung A20s:

  • Kamera utama 13MP f1.8, PDAF
  • Kamera sekunder ultra-wide f2.2
  • Kamera sensor kedalaman 5MP
  • Kamera selfie 8MP

Samsung A20s boleh dibilang adalah smartphone entry-level. Namun karena Samsung adalah vendor smartphone yang sangat perhatian ke kamera, Samsung A20s mendapat keuntungan di baiknya sektor fotografi mereka, meski sensor yang dipasang cukup 'ekonomis.'

Pengalaman kami menggunakan kamera dari Samsung A20s cukup baik. Di kondisi cahaya yang baik, di luar ruangan ataupun di dalam ruangan, gambar yang dihasilkan punya detil yang cukup baik dengan dynamic range yang juga cukup baik. Warna cukup keluar dan tak berlebihan.

Berikut hasilnya:

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

 /></em></p>
<p style=2019 Merdeka.com

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

Kekurangan ada di cukup lamanya kamera A20s untuk mencari fokus, bahkan di luar ruangan. Dalam contoh foto di bawah ini, di mana saya mencoba memfokuskan kamera ke bunga bugenvil ini, beberapa detik software kamera berjuang untuk mendapatkan fokus ke bunga tersebut. Namun kala fokus sudah didapatkan, hasilnya sangat memuaskan. Hal ini mengingat smartphone ini adalah smartphone entry-level.

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

Soal kamera wide angle, kita bisa mendapatkan jepretan landcape yang menarik dari kamera ini. Namun terdapat beberapa kekurangan yang bisa diamati. Terutama soal detil yang jauh berkurang jika gambar kita perbesar.

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

Detil warna pun kerap hilang kala software Samsung A20s memberi reduksi noise ke gambar. Selain itu yang paling terlihat, adalah distorsi di pojok gambar, yang terlihat sangat melengkung ala fish-eye.

Portrait mode atau Live Focus, dapat bekerja dengan baik dan softwarenya memberi bokeh yang nampak alami untuk diaplikasikan di jepretan Anda. Kamera selfie-nya pun cukup baik asalkan Anda berada di kondisi yang cukup cahaya.

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

 /></em></p>
<p style=2019 Merdeka.com


Berbicara soal cukup cahaya, berikut deretan foto di kondisi redup cahaya.

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

Di sini saya mencoba memotret sebuah gerai restoran, di mana kameranya berjuang cukup keras untuk mendapatkan fokus. Namun jepretan akhirnya cukup baik, meski jika diperbesar, noise terlihat di banyak tempat serta software memberi sedikit reduksi noise dan penajaman di berbagai objeknya. Hal ini membuat gambar terlihat halus.

Berikut hasil foto dalam keadaan redup cahaya di kamera utama, serta kamera wide angle.

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

Jadi, kamera ini cukup baik di kondisi redup cahaya. Bahkan jika Anda ingin mempostingnya untuk media sosial, kami rasa hasil foto dari kamera ini masih cukup layak.

Soal kamera selfie, hasil dari kamera selfie cukup baik meskipun hanya membawa 8MP. Namun kamera akan membawa noise yang cukup banyak di kondisi redup cahaya.

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

Secara keseluruhan, kami merasa bahwa kualitas kamera dari Samsung A20s cukup baik. Namun mengingat banderol harga yang cukup terjangkau, kualitas kamera smartphone ini bisa dibilang sangat masuk akal dan sudah lebih dari cukup.

7 dari 8 halaman

Baterai

Samsung Galaxy A20s memiliki baterai berkapasitas 4.000mAh yang didukung fast charging. Pengalaman kami terkait baterai adalah luar biasa. Smartphone tahan lebih dari satu hari dalam satu kali cas.

Terlebih lagi, fast charger menjadi salah satu bundel di dalam box. Jadi, smartphone ini baterainya tak mudah habis namun mengecasnya super cepat. Bagaimana tidak, pengecasan dari posisi baterai kurrang dari 20 persen, akan mendapatkan posisi penuh dalam waktu satu jam lebih.

Di kapasitas yang sama tanpa fast charging (seperti di Redmi Note yang saya pakai), butuh waktu lebih dari dua jam untuk terisi penuh.

Hal ini tentu karena paduan dari prosesor yang hemat daya, dipadu layar LCD yang resolusinya HD sehingga tak terlalu menguras daya.

8 dari 8 halaman

Kesimpulan

Samsung Galaxy A20s adalah smartphone yang sangat pas untuk Anda yang bukan pengguna smartphone yang super sibuk. Jika Anda pengguna standar, di mana smartphone hanya Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari, ini adalah smartphone yang sangat pas, karena baterainya yang punya ketahanan luar biasa dipadu desain yang elegan.

Terlebih lagi, meski kameranya tidak terlalu impresif, software kamera Samsung sangat menunjang untuk hasil jepretan Anda jauh lebih baik dari smartphone sekelasnya. Bisa dibilang, di kisaran harga yang sama, Samsung A20s punya salah satu hasil jepretan yang terbaik.

Pro:

  • Desain Premium
  • Pengalaman Software Baik
  • Slot microSD yang tak hibrida dengan SIM

Kontra:

  • Performa standar
  • Kamera cukup baik
  • Resolusi layar HD
[idc]

Baca juga:
Ini Paten Teknologi Layar Lipat Terbaru Xiaomi, Seperti Apa?
Uji Coba Dark Mode di iPhone OLED, Tunjukkan Bukti Nyata Baterai Makin Awet!
Samsung Perkenalkan Prosesor Terbaru, Akan Motori Samsung Galaxy S11!
Motorola Perkenalkan 4 Smartphone Baru, Semua Murah dan Fokus di Kamera!
RED Hydrogen Phone Akhirnya Berhenti Produksi
Nokia 9.1 PureView Baru Akan Diluncurkan tahun Depan
Tidak Mulusnya Huawei Bangun Industri 5G

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini