PANDI: Lomba Website Aksara Bali Akan Muluskan Pendaftaran ke Lembaga Internet Dunia

Senin, 11 Januari 2021 11:46 Reporter : Syakur Usman
PANDI: Lomba Website Aksara Bali Akan Muluskan Pendaftaran ke Lembaga Internet Dunia Selebrasi lomba pembuatan website aksara Bali di Universitas Udayana. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pelestarian aksara Bali di era digital seperti sekarang banyak ragamnya. Salah satunya melalui lomba pembuatan website dengan konten beraksara Bali.

Ini juga salah satu strategi Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) untuk memuluskan upayapendaftaran aksara Bali ke lembaga internet dunia (ICANN).

Demikian sambutan Gubernur Bali I Wayan Koster saat menghadiri selebrasi Lomba Pembuatan Website Aksara Bali, yang diinisiasi oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) di gedung Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, akhir pekan lalu (9/1).

Gubernur Koster mengatakan, kegiatan lomba website berkonten aksara Bali ini senada dengan Peraturan Gubernur Bali No 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Serta penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali yang dirumuskan oleh pemerintah provinsi Bali saat ini.

"Di era perkembangan teknologi digital seperti sekarang, arus ini (modernisasi) bisa meninggalkan budaya kita. Jadi karena itu silakan teknologi maju terus, ilmu pengetahuan maju terus, teknologi digital maju terus, tapi kita tidak boleh meninggalkan dan melupakan budaya lokal," ujar gubernur Bali dalam keterangan resminya, Senin (11/1).

Gubernur juga memberikan apresiasi atas terlaksananya lomba pembuatan website dengan konten aksara Bali ini. Karena lomba ini mengikuti cara perkembangan teknologi digital. Ini adalah cara kolaborasi antara kemajuan global dan upaya tetap mempertahankan kearifan lokal.

Dalam kesempatan serupa, gubernur Bali juga memberikan trofi secara langsung kepada para pemenang lomba website, yakni juara pertama I Gusti Putu Surya Angga Buana. Sementara juara kedua Wayan Kevin Galdiantara dan juara tiga Putu Suweca Nata Udayana, trofinya diserahkan oleh perwakilan PANDI dan Universitas Udayana.

Baca Selanjutnya: Membantu Proses Pendaftaran ke ICANN...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini