PANDI dan Pusinfolahta TNI Tingkatkan Layanan Pendaftaran Domain Mil.ID

Jumat, 19 Maret 2021 19:36 Reporter : Syakur Usman
PANDI dan Pusinfolahta TNI Tingkatkan Layanan Pendaftaran Domain Mil.ID PANDI menjalin kerja sama dengan Pusinfolahta TNI untuk domain mil.id. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dan Pusat Informasi dan Pengolahan Data (Pusinfolahta) TNI RI berkomitmen meningkatkan layanan pendaftaran domain Mil.ID yang dikelolanya.

Komitmen tersebut diungkapkan dengan mengggelar acara bertajuk 'Workshop Teknis Registrar mil.id' di Jakarta Timur, Rabu (17/3).

Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI, menjelaskan acara ini kelanjutan dari acara yang digelar pada November tahun lalu. Saat itu PANDI meneken perjanjian kerja sama tentang Perjanjian Akreditasi Registrar antara PANDI dan Pusinfolahta TNI di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Selain Yudho, workshop ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Administrasi Registri PANDI Teddy A Purwadi dan Wakil Ketua Bidang Keuangan, Keanggotaan, dan Keoragnisasian PANDI Azhar Hasyim. Kemudian Chief Registry Officer (CRO) Shidiq Purnama, para deputi PANDI, dan jajaran staf teknis.

PANDI adalah registri nama domain tingkat tinggi kode negara Indonesia. PANDI mengemban amanat administrasi domain .id sejak 29 Juni 2007 berdasarkan Penugasan Administrasi Domain .id No BA-343 dari Direktorat Jenderal Aplikasi dan Telekomunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Pada 2014, PANDI ditetapkan sebagai Registri Nama Domain Tingkat Tinggi Kode Negara Indonesia (.ID) berdasarkan Keputusan Menteri Kominfo RI No 806 tahun 2014 tentang Penetapan Perkumpulan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia sebagai Registri Nama Domain Tingkat Tinggi Indonesia.

Registri Nama Domain adalah penyelenggara yang bertanggung jawab dalam melakukan pengelolaan, pengoperasian, dan pemeliharaan Penyelenggaraan Sistem Elektronik Nama Domain.

PANDI berbadan hukum perkumpulan nirlaba dengan para pengurus dari individu-individu di komunitas internet Indonesia. Keanggotaan PANDI mencerminkan keterwakilan pemerintah RI, akademisi, dan pelaku bisnis.

Untuk menjalankan registri nama domain .ID, setiap empat tahun anggota PANDI memilih Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas PANDI melalui Rapat Umum Anggota.

PANDI didukung oleh Operator Registri yang cakap, berdedikasi tinggi, dan selalu mengembangkan diri untuk mematuhi perubahan dan evolusi teknologi di komunitas pengguna internet di Indonesia dan internasional. Informasi selengkapnya dapat dilihat di pandi.id. [sya]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Internet
  3. Nama Domain
  4. PANDI
  5. TNI
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini