PANDI buka pra-registrasi domain baru my.id dan biz.id

Senin, 10 September 2012 10:10 Reporter : Ikhwan Arief Prihastian
PANDI buka pra-registrasi domain baru my.id dan biz.id PANDI Buka Pendaftaran Registrar. © Schoolwebsitesolution.net

Merdeka.com - Kabar baru bagi yang berencana memiliki domain internet untuk website pribadi atau usaha Anda. PANDI selaku pengelola domain internet di Indonesia baru saja mengumumkan penggunaan domain baru biz.id dan my.id. PANDI telah membuka pra-registrasi domain baru tersebut pada 10 September sampai 12 Oktober 2012.

Penggunaan domain baru biz.id dan my.id merupakan untuk kali pertama setelah 13 tahun tanpa ada nama domain baru selain co.id. Domain biz.id diperuntukkan bagi kelompok usaha kecil, mikro dan menengah sedangkan my.id ditujukan bagi pengguna personal. Untuk mendaftar domain my.id, Anda hanya perlu menunjukkan identitas diri (KTP, SIM atau paspor) sementara biz.id memerlukan npwp perusahaan atau pribadi selain identitas diri.

Sekarang pengguna UMKM dapat dengan mudah menggunakan domain biz.id untuk usaha mereka. Sebelumnya UMKM kesulitan menggunakan domain co.id karena unsur legalitas perusahaan yang menjadi salah satu sarat penggunaan domain tersebut.

Anda dapat mendaftarkan nama domain yang Anda inginkan pada pertengahan Oktober 2012. Namun, sebelumnya Anda yang pemegang merek atau telah memiliki domain sebelumnya perlu ikut melakukan pra-registrasi. Tahap pra-registrasi merupakan kelaziman yang berlaku secara internasional untuk rilis domain baru di Internet.

PANDI berharap pemilik merek dan domain dapat memanfaatkan lima minggu masa pra-registrasi dengan baik. Hal ini untuk menghindarkan masalah yang dapat muncul di kemudian hari karena mudahnya persyaratan domain baru ini. Permasalahan yang mungkin timbul adalah penggunaan nama domain dan merek yang sama oleh dua pihak atau lebih.

Pra-registrasi domain biz.id dan my.id hanya dapat dilakukan secara online melaluiweb https://praregistrasi.pandi.or.id. Keterangan dan persyaratan pra-registrasi juga dapat dilihat pada website tersebut. Bagi Anda yang memerlukan informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website PANDI di link ini.

PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) merupakan sebuah lembaga nirlaba yang dibentuk oleh komunitas internet dan pemerintah pada 29 Desember 2006 untuk mengelola domain co.id. Namun pada 29 juni 2007 pemerintah menyerahkan pengelolaan domain internet di Indonesia pada PANDI. Saat ini PANDI mengelola co.id, web.id, or.id, sch.id, ac.id dan net.id untuk publik selain domain go.id dan mil.id khusus instansi pemerintah. [ikh]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Internet
  3. PANDI
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini