Program Merajut Nusantara

Kolaborasi Keren PANDI dan PPI: Populerkan Digitalisasi Aksara-aksara Daerah ke Dunia

Senin, 31 Agustus 2020 10:59 Reporter : Syakur Usman
Kolaborasi Keren PANDI dan PPI: Populerkan Digitalisasi Aksara-aksara Daerah ke Dunia Kolaborasi PANDI dan PPI Dunia untuk program Merajut Nusantara. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) gencar menggaungkan program "Merajut Nusantara melalui Digitalisasi Aksara Nusantara". Komitmen tersebut diungkapkan dalam acara penutupan Simposium Internasional Perhimpunan Pelajar Indonesia Seluruh Dunia (PPI Sedunia) yang dilaksanakan secara daring, Minggu (30/8).

Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI, menjelaskan pihaknya sedang gencar melakukan kegiatan digitisasi dari berbagai bahasa daerah di Indonesia, kemudian didaftarkan ke Unicode. Setelah itu, baru bisa didaftarkan sebagai Internationalize Domain Name (IDN) ke lembaga internet duniaICANN sebagai bentuk digitalisasi aksara nusantara.

"PANDI ingin memberikan kontribusi bagi bangsa sebagai wujud nasionalisme kami yang dituangkan dalam bentuk upaya digitalisasi aksara-aksara nusantara warisan leluhur, agar generasi muda Indonesia bisa mengenal dan memahami aksara-aksara asli daerah terdahulu yang kian terkikis zaman," ujat Yudho dalam keterangan pers, Senin (31/8).

Di hadapan anggota PPI Sedunia, Yudho berpesan agar semua anggota untuk ikut menyukseskan kegiatan digitalisasi aksara-aksara asli warisan leluhur bangsa Indonesia, sehingga gaungnya bisa terdengar di seluruh dunia.

"Saya mengajak PPI Dunia sama-sama memasifkan dan gotong-royong untuk kegiatan ini," pungkas dia.

Baca Selanjutnya: Didukung Koordinator Baru PPI Dunia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini