Keren, PANDI dan Universitas Udayana Bekerja Sama untuk Digitalisasi Aksara Bali

Senin, 26 Oktober 2020 19:03 Reporter : Syakur Usman
Keren, PANDI dan Universitas Udayana Bekerja Sama untuk Digitalisasi Aksara Bali PANDI teken kerja sama dengan Universitas Udayana Bali. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) meneken nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Udayana (UNUD) dalam hal pelestarian aksara Bali melalui digitalisasi. MoU tersebut dilakukan di Denpasar, Bali, Senin (26/10).

Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI, menyatakan penandatanganan MoU bertujuan menjalin kerja sama dengan Universitas Udayana dalam hal pelestarian aksara Bali melalui digitalisasi aksara.

“Dalam rangka digitalisasi aksara Bali agar dapat dapat dipergunakan di internet dan perangkat teknologi lainnya, maka PANDI berkomitmen bersama-sama dengan pihak Universitas Udayana agar aksara Bali dapat dilestarikan melalui internet,” ujar Yudho di sela-sela penandatanganan MoU di Denpasar.

Menurut Yudho, seluruh kegiatan digitalisasi yang diselenggarakan PANDI akan dijahit dalam satu program besar bertajuk "Merajut Nusantara melalui Digitalisasi Aksara", yang disiapkan untuk bisa memperkenalkan kembali dan melestarikan bagian dari budaya asli Indonesia yang kian hari semakin memudar dan tergerus zaman.

“Harapannya dengan program tersebut, masyarakat saat ini dapat mengenal kembali aksara daerahnya masing-masing, sehingga bisa dipergunakan dan dilestarikan oleh generasi-generasi berikutnya,” pungkas Yudho.

Baca Selanjutnya: Rektor Universitas Udayana Dukung Penuh...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini