Ditjen SDPPI Kemkominfo bikin aplikasi mobile daftar sertifikasi

Kamis, 12 Juli 2018 20:12 Reporter : Fauzan Jamaludin
Ditjen SDPPI Kemkominfo bikin aplikasi mobile daftar sertifikasi aplikasi smartphone. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) merilis aplikasi bernama SIRANI. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat seputar daftar sertifikat, informasi sertifikasi, balai uji, sampai dengan tarif sertifikasi perangkat telekomunikasi.

"Aplikasi ini sudah bisa diunduh oleh masyarakat di toko aplikasi Google Play," ujar Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika, Ditjen SDPPI, Mochamad Hadiyana, seperti yang dikutip dari laman resmi Kemkominfo, Kamis (12/7).

Dilanjutkannya, dengan mengunduh aplikasi tersebut, masyarakat sudah bisa mengakses semua informasi tentang sertifikasi alat atau perangkat telekomunikasi. Di sisi lain, aplikasi ini ditujukan untuk mendukung perizinan online terpadu One Single Submission yang diresmikan Pemerintah pada Senin (9/7) lalu.

Hadiyana juga menegaskan kembali bahwa dukungan yang diberikan pemerintah melalui kebijakan-kebijakan importasi komponen pendukung proses produksi TIK dalam negeri serta insentif yang mendorong investor asing membangun fasilitas-fasilitas produksi di Indonesia.

"Saya berharap dengan regulasi baru terkait standardisasi alat dan perangkat telekomunikasi, pertumbuhan penetrasi pasar bisa lebih memacu industri lokal mampu bersaing di pasar dengan produk-produk industri asing," kata dia. [ega]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini