Dirjen APTIKA: Alumni Program Startup Studio Indonesia Banyak Dilirik Investor

Rabu, 22 Juni 2022 13:51 Reporter : Merdeka
Dirjen APTIKA: Alumni Program Startup Studio Indonesia Banyak Dilirik Investor Ilustrasi startup. © CBC

Merdeka.com - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan menayatakan hingga batch 4 yang tengah berjalan ini, program inkubasi Startup Studio Indonesia (SSI) secara total telah menelurkan 65 alumni startup.

"Tercatat, total pendanaan yang tersalur ke startup alumni SSI Batch 1-3 hingga Mei 2022 mencapai Rp332,1 Miliar. Dari setiap batch, 30-40 persen di antaranya telah mendapatkan pendanaan tahap awal setelah mengikuti SSI," jelas dia dalam keterangan persnya, Rabu (22/6).

Menurutnya, pihaknya mengharapkan startup digital akan berkembang dan membawa dampak dalam perekonomian nasional.

"Kami sangat bangga melihat berbagai pencapaian dari para alumni SSI. Tidak hanya dari segi pendanaan, yang lebih penting adalah startup early-stage ini bisa berkembang memberikan dampak yang semakin penting bagi perekonomian dan kualitas hidup di dalam negeri," ungkapnya.

Startup Studio Indonesia diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada September 2020 dalam mendukung kemajuan ekosistem startup Indonesia melalui penyediaan fasilitas yang memberikan akses bagi para pegiat early-stage startup mengembangkan potensi bisnisnya. Kini Kementerian Kominfo sudah membuka program untuk Batch ke-5.

"Mengusung tema “More Brainstorming, Less Classes”, Startup Studio Indonesia memfokuskan pada pembekalan ilmu dan wawasan praktis, dan menitikberatkan pada coaching dan mentoring langsung dari para praktisi terkemuka di industri startup," ungkap dia.

Program Startup Studio Indonesia Indonesia memperkuat dan melengkapi program pemberdayaan startup digital Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan Hub.id yang dimiliki Kominfo. Dirjen Semuel menegaskan komitmen untuk memberdayakan startup digital nasional agar bisa terus berkembang.

"Kami di Kominfo berkomitmen untuk terus mencetak dan memberdayakan startup-startup kebanggaan Indonesia, yang agile, solutif, dan mampu memenuhi kebutuhan pasar, melalui SSI dan program-program lainnya," tandasnya.

[faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Digital Startup
  3. Viral Hari Ini
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini