Di Galaxy A80, Samsung Buang Dua Fitur Krusial Ini

Jumat, 12 April 2019 14:07 Reporter : Indra Cahya
Di Galaxy A80, Samsung Buang Dua Fitur Krusial Ini Samsung A80. ©2019 SAMSUNG

Merdeka.com - Kemarin (11/4) Samsung memperkenalkan salah satu varian dari lini A besutannya, yakni Samsung Galaxy A80. Ini adalah smartphone dengan mekanisme kamera terunik di industri smartphone.

Bagaimana tidak, Galaxy A80 memadukan konsep sliding dengan kamera rotasi dari belakang ke depan. Laporan lengkap soal spesifikasi dari Samsung Galaxy A80 bisa Anda simak di artikel Spesifikasi Samsung Galaxy A80 yang bisa langsung Anda klik.

Namun ditandai dengan rilisnya Samsung A80, kita harus mengucapkan selamat tinggal ke dua fitur krusial yang biasanya selalu diusung oleh Samsung di smartphone-semartphone besutannya.

Samsung A80 2019 SAMSUNG

Selamat Tinggal Slot Micro SD dan Headphone Jack

Ini adalah kali pertama Samsung menanggalkan Micro SD dan terutama headphone jack di smartphone mereka. Ketika sudah banyak sekali pabrikan Android yang telah meninggalkan dua fitur ini setelah iPhone menciptakan tren semacam ini, Samsung justru jadi satu-satunya pabrikan yang mempertahankannya.

Micro SD dan headphone jack, dua fitur ini ada di deretan smartphone Samsung sebelum rilisnya A80, termasuk Note 9, Samsung S10, serta semua varian lain di lini A.

Bisa kita bayangkan, Samsung S10+ yang punya varian RAM 12GB dan storage 1TB saja memiliki slot Micro SD.

Para pecinta Samsung pun sebenarnya 'makin cinta' pada Samsung karena kukuhnya Samsung mempertahankan dua fitur ini, di mana hampir semua pabrikan kini meninggalkannya, terutama di deretan lini papan atas atau flagshipnya.

Memang, storage kini makin besar, hiburan kini berbasis streaming, dan dokumen bisa disimpan di cloud. Tidak adanya slod Micro SD akan sangat berpengaruh pada mereka yang hobi mendokumentasikan momen-momen penting dengan kualitas maksimal, hanya lewat HP. Selebihnya, mungkin tak masalah.

Namun hilangnya headphone jack adalah yang tentu akan mengecewakan. Terlebih lagi para pengguna Samsung yang sebelumnya tak akan pernah cemas soal mengecas sambil mendengarkan musik atau menonton YouTube. Kini, hal tersebut harus dilakukan satu persatu, dan butuh tambahan kabel konektor.

Samsung A80 2019 androidpit.com

Akhir Dari Headphone Jack di Samsung?

Samsung kini sedang mengerjakan sebuah smartphone flagship terbarunya yang memang selalu rilis di paruh kedua sebuah tahun, Samsung Galaxy Note 10. Nah, apakah di Note 10 ini headphone jack akan hilang?

Bisa dibilang jawabannya adalah tidak. Pasalnya, seperti yang merdeka.com ulas di artikel Akankan Kamera Samsung Galaxy A80 Melenggang di Note 10 dan S11 , yang bisa langsung Anda klik untuk baca, Samsung tak akan mengusung desain atau keputusan kontroversial bernada gimmick di dua lini smartphone Andalannya ini.

Samsung tentu tak ingin mendapat kecaman dari fans mereka secara global. Hal semacam ini pernah terjadi di para pecinta OnePlus ketika OnePlus 6T diperkenalkan tak mengusung headphone jack. Bayangkan jika hal ini terjadi di Samsung padahal di OnePlus saja fans sudah semarah itu.

Samsung berani membuang headphone jack di lini A karena lini papan tengah dari Samsung ini memiliki banyak varian yang bisa dipilih dengan berbagai spesifikasi dan fitur.

Selain itu, hal ini digunakan juga untuk tes ombak bagaimana umpan balik para pecinta Samsung melihat junjungannya akhirnya nyemplung di tren smartphone tanpa lubang speaker. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Samsung
  2. Samsung Galaxy
  3. Smartphone
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini